Ahad 10 Jul 2016 15:24 WIB

Kebun Raya Bogor Tambah Jumlah Petugas Kebersihan

Kebun Raya Bogor
Foto: Yasin Habibi/Republika
Kebun Raya Bogor

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kebun Raya Bogor-LIPI, Jawa Barat mengotimalkan pelayanan dan kenyamanan pengunjung dengan menambah jumlah petugas kebersihan yang bertugas selama libur Lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah/2016 seiring membludaknya jumlah kunjungan.

Pengawas Pelayanan Jasa Kebun Raya Bogor Upun Punijar, Ahad, mengatakan, ada 60 petugas kebersihan yang dikerahkan untuk menjaga kebersihan.

"Hari biasanya hanya ada 30 petugas kebersihan yang bertugas, selama libur ini kami tambah jumlahnya menjadi 60 orang," kata Upun.

Upun mengatakan, selama Libur Lebaran jumlah pengunjung Kebun Raya Bogor meningkat dari akhir pekan biasanya. Hari pertama Lebaran jumlahnya mencapai empat ribu lebih, disusul pada hari kedua dan ketiga mencapai 12 ribu orang pengunjung.

Seiring meningkatnya jumlah pengunjung, volume sampah yang dihasilkan dari aktivitas pengunjung juga ikut meningkat. Untuk menjaga kenyamanan dan kebersihan kebun raya, petugas kebersihan dimaksimalkan.

"Kebiasaan buruk masyarakat kita masih sering meninggalkan sampah, kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya masih kurang," katanya.

Menurut Upun, Kebun Raya Bogor tidak memiliki wahana khusus, pengunjung hanya datang untuk bersantai bersama keluarga, membawa bekal dari rumah, lalu foto-foto. Tetapi, tetap saja meninggalkan sampah yang mereka bawa dari luar.

Ia mengatakan, petugas kebersihan dikerahkan di enam kawasan, setiap lokasi terdapat enam petugas kebersihan yang secara berkala keliling mengambil sampah dari tempat-tempat sampah yang tersedia.

"Kami juga menambah jumlah tempat sampah untuk mengakomodir penumpukan sampah," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement