Rabu 06 Jul 2016 15:02 WIB

Imam Masjid Den Haag Seru Antiateisme

Muslim Madrid sholad Id di KBRI Madrid
Foto: irfan junaidi
Muslim Madrid sholad Id di KBRI Madrid

REPUBLIKA.CO.ID, Laporan irfan junaidi dari Madrid

MADRID -- Perayaan Idul Fitri di Kedutaan Besar RI Madrid diisi dengan khutbah salah satu imam Masjid Al Hikmah, Den Haag, Ahmad Hambali Maksum. Dalam khutbahnya Hambali menyingung soal manusia yang tak mengakui Tuhan (ateis).

Dia menjelaskan bahwa Tuhan telah mengutus Rasul untuk membantu manusia menemukan Tuhannya. Dengah kehadiran Rasul dan anugerah akal, manusia tidak ada alasan untuk mengenal Tuhan.

"Tidak bisa orang yang tidak ber-Tuhan nanti membela dirinya di akhirat," kata dia. Menurut Hambali, orang yang tidak mengakui Tuhan nanti tidak bisa menyalahkan Tuhan dan menganggap akal yang dimilikinya tidak diberikan secara sempurna.

Rangkaian penjelasan soal pentingnya antiateisme ini disampaikan untuk menyebutkan bahwa fitrah manusia adalah ber-Tuhan. Melalui momen Idul Fitri ini dia mengajak umat untuk kembali ke fitrahnya.

Dalam khutbahnya dia juga menyinggung soal aksi teroris yang mengatasnamakan Islam. Dia memastikan bahwa aksi kekerasan yang dijalankan para teroris itu bukanlah nilai nilai Islam. Dia mengingatkan jamaah Shalat Id di KBRI Madrid untuk memahami ajaran Islam secara utuh. "Makna jihad jangan hanya disempitkan sebagai perang," tutur WNI yang sudah 40 tahun tinggal di Belanda itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement