Rabu 06 Jul 2016 11:50 WIB

Ini Penjelasan Dinkes Brebes Soal 18 Pemudik Meninggal

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ilham
Lalu lintas ke arah Tol Pejagan dan Brebes
Foto: Twitter @TMCPoldaMetro
Lalu lintas ke arah Tol Pejagan dan Brebes

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes mengungkapkan ada 18 pemudik meninggal di wilayahnya saat perjalanan. Dia menyatakan, lokasi para pemudik saat meninggal tersebar di beberapa titik.

"Jadi ada di sebelah jalur tengah, ada di pantura, bahkan ada juga di pelabuhan," kata kata Kepala Dinkes Kabupaten Brebes, Sri Gunadi Purwoko, Rabu (6/7).

Dia menambahkan, 18 pemudik itu meninggal tidak hanya saat di dalam kendaraan. Menurut Sri, pemudik yang meninggal juga ada yang saat sudah turun dari kendaraan.

Sri menilai, meninggalnya pemudik bukan karena kemacetan di Brebes saat arus mudik. "Jangan kendaraan saja yang dipersiapkan, tapi juga manusianya disiapkan. 18 yang meninggal memang karena kondisi fisiknya," kata Sri.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Dinkes Kabupaten Brebes sudah menyebarkan tenaga kesehsatan dan dibantu petugas kepolisian. Setiap pos kesehatan dibuat untuk menjangkau jalur mudik sehingga bisa memberikan pertolongan pertama bagi pemudik yang sakit.

Sebanyak 18 korban tercatat meninggak mulai dari H-7 Lebaran Idul Fitri 1437 H hingga hari ini (6/7).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement