Sabtu 02 Jul 2016 20:07 WIB

Gempa 5,0 Skala Richter Guncang Sumba Barat

Gempa bumi (ilustrasi)
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gempa bumi berkekuatan 5,0 pada skala Ritcher dilaporkan terjadi di Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Sabtu pukul 16.28 WIB.

Menurut keterangan dari laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Sabtu, gempa yang berlokasi di 10.18 Lintang Selatan dan 119.23 bujur Timur atau sekitar 11 Kilometer Barat Daya Sumba Barat, Nusa tenggaa Timur. BMKG menyatakan bahwa gempa dengan kedalaman 11 kilometer tersebut tidak berpotensi tsunami.

Selain itu, BMKG juga mengiformasikan peringatan dini mengenai cuaca di Provinsi Jawa Tengah untuk tanggal 2 Juli 2016 Pukul 18.30 WIB.

Menurut BMKG cuaca berpotensi Hujan Lebat disertai Kilat/ Petir pada pukul 18.40 WIB di Wilayah Temanggung, Purbalingga, Banjarnegara.

Kondisi itu diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 20.00 WIB dan meluas ke wilayah Parakan, Wonosobo, Pekalongan-Pemalang bagian Selatan dan sekitarnya.

Sebelumnya BMKG mengimbau para pemudik, baik yang melintas maupun dengan tujuan sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah, untuk mewaspadai perubahan cuaca yang ekstrem guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Semarang meramalkan hujan masih akan terjadi di berbagai wilayah di Jawa Tengah selama H-7 hingga H-2 Lebaran 2016.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement