Kamis 30 Jun 2016 17:48 WIB

Polres Sukabumi Kota Terjunkan Ratusan Personel Amankan Lebaran

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Karta Raharja Ucu
Pemudik (ilustrasi)
Foto: Republika/ Wihdan
Pemudik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Ratusan personel Polres Sukabumi Kota diterjunkan dalam operasi pengamanan Lebaran Ramadhania. Mereka akan ditempatkan di sejumlah pos pengamanan, pos gatur, dan pos pelayanan di sejumlah titik rawan kemacetan dan kriminalitas.

"Petugas dari polres yang dikerahkan mencapai 421 orang,’’ ujar Kapolres Sukabumi Kota AKBP Rustam Mansur kepada wartawan setelah apel siaga operasi Ramadniya di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, Kamis (30/6). Jumlah tersebut belum ditambah dari unsur TNI, aparat Pemkot Sukabumi, Palang Merah Indonesia (PMI), dan elemen masyarakat lainnya.

Menurut Rustam, pengamanan lebaran termasuk di dalamnya pengaturan arus lalu lintas di dalam kota. Rencananya, pada H-3 lebaran nanti misalnya akan diterapkan rekayasa lalu lintas untuk melancarkan arus lalu lintas.

Selain pengamanan arus mudik kata Rustam, polisi juga menyiapkan penitipan kendaraan roda dua atau roda empat bagi warga yang mudik ke luar daerah. Selain itu polisi juga akan menggiatkan upaya patroli keamanan ke sejumlah perumahan yang warganya mudik.

Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz menambahkan, pengamanan lebaran di Sukabumi melibatkan sejumah unsur seperti polri, TNI, dan elemen masyarakat lainnya. "Mudah-mudahan pengamanan lebaran tahun ini aman seperti tahun sebelumnya," ucap dia.

Muraz mengatakan, khusus untuk pengamanan rumah kosog yang ditinggal mudik pemkot akan menggerakan satuan linmas dan jasa pengamanan di masing-masing perumahan. Keberadaan mereka nantinya akan berkoordinasi dengan aparat polsek dan pemadam kebakaran ketika terjadi masalah kriminal atau kebakaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement