Kamis 30 Jun 2016 17:01 WIB

Mudik Bareng BUMN Pecahkan Rekor MURI

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Dwi Murdaningsih
Menteri BUMN Rini Soemarno (kedua kanan) didampingi sejumlah direksi BUMN melepas peserta Mudik Bareng BUMN di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Ahad (12/7).
Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Menteri BUMN Rini Soemarno (kedua kanan) didampingi sejumlah direksi BUMN melepas peserta Mudik Bareng BUMN di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Ahad (12/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian BUMN bersama 19 BUMN memecahkan rekor mudik bareng terbanyak dengan memberangkatkan 93.334 pemudik ke-77 kota tujuan di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.

Sebanyak 84.845 orang diberangkatkan dengan bus, 60 orang dengan kapal laut, 8.369 orang menggunakan kereta api, dan 60 orang dengan pesawat terbang.

Menteri BUMN Rini Soemarno secara simbolis melepas sekitar 25.650 pemudik dengan 513 bus dalam seremoni pemecahan rekor mudik bareng BUMN 2016 di Parkir Timur Senayan, Kompleks Gelora Bung Karno, Kamis (30/6).

"Mudik sudah menjadi rutinitas kehidupan warga urban Jakarta setiap jelang lebaran," kata Rini.

Namun, meningkatkan jumlah pemudik setiap tahun, juga berpotensi menimbulkan kemacetan dan keselakaan di jalan raya. Selain sebagai sarana untuk merekatkan tali silaturahim, Rini berharap program mudik bareng BUMN ini mampu memberikan solusi untuk ikut mengurai kemacetan, sekaligus menekan jumlah angka kecelakaan.

Atas hal ini, Menteri Rini menerima piagam Museum Rekor Indonesia (MURI) atas pemecahan rekor mudik bareng dari Ketum MURI Jaya Suprana.

Pada kesempatan yang sama, ia juga menyerahkan tiga unit ambulan kepada KAI, Kepolisian Resor Lebak, dan Kepolisian Resor Cimahi.

Sebanyak 19 BUMN yang ikut berpartisipasi atas mudik bareng antara lain Jasa Raharja sebagai koordinator pelaksana, Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, PGN, Semen Indonesia, hingga Telkom.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement