Kamis 30 Jun 2016 01:37 WIB

Pancasila Terinspirasi Nilai-Nilai Ajaran Islam

Achmad Dimyati Natakusumah, pimpinan Fraksi PPP MPR RI,
Foto: Dok: MPR
Achmad Dimyati Natakusumah, pimpinan Fraksi PPP MPR RI,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota DPR RI  HR Achmad Dimyati Natakusuma mengungkapkan, Pancasila sebenarnya merupakan refleksi dari falsafah dan budaya bangsa, termasuk di dalamnya bersumber dan terinspirasi dari nilai-nilai dan ajaran agama Islam.

"Islam sebagai agama yang dipeluk secara mayoritas oleh bangsa ini tentu memiliki relasi yang sangat kuat dengan nilai-nilai Pancasila. Islam dan Pancasila sama–sama menjamin kebebasan beragama, Islam sebagai landasan yang bersifat transendental dan pancasila sebagai landasan yang bersifat profan," ujar Anggota Fraksi PPP itu dalam acara Acara Sosilisasi 4 Pilar bersama Forum Komunikasi Diniyah Takmilliyah (FKDT) di Aula SMK Tomang Raya Kelurahan Jatipulo, Kec Palmerah, Jakarta Barat akhir pekan lalu.

Dalam kesempatan itu, Dimyati juga membahas tentang kebinekaan dalam Alquran. Menurut dia, hal itu dimaksudkan untuk memberikan wawasan dan pandangan bagi masyarakat, agar dapat mewujudkan kesejahteraan, kedamaian dan kebahagiaan hidup bersama, serta terhindar dari segala macam konflik yang merugikan kehidupan secara moril maupun materiil.

"Allah SWT berfirman dalam surah (30) Ar Ruum ayat 22 tentang kebinekaan, yang artinya 'Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlain-lainan bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikan itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui'.” paparnya.

Menurut dia, sebagai falsafah hidup bangsa, hakikat nilai-nilai Pancasila telah hidup dan diamalkan oleh bangsa Indonesia sejak negara ini belum berbentuk. Artinya, kata dia, rumusan Pancasila sebagaimana tertuang dalam alinea 4 UUD 1945 sebenarnya merupakan refleksi dari falsafah dan budaya bangsa, termasuk di dalamnya bersumber dan terinspirasi dari nilai-nilai dan ajaran agama yang dianut bangsa Indonesia.

"Islam sebagai agama yang dipeluk secara mayoritas oleh bangsa ini tentu memiliki relasi yang sangat kuat dengan nilai-nilai Pancasila," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement