Rabu 29 Jun 2016 20:08 WIB

Luhut: Pemerintah Bangun 19 Blok Energi di Natuna

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ani Nursalikah
Menkopolhukam Luhut Binsar Pandjaitan
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Menkopolhukam Luhut Binsar Pandjaitan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan salah satu cara agar perbatasan tak dikoyak oleh asing dengan menghidupkan daerah perbatasan seperti Natuna.

Saat ini pemerintah sedang melakukan pembangunan di wilayah Natuna sebagai pusat pelabuhan perikanan. Pemerintah mencanangkan pembangunan tersebut pada tahun anggaran 2017-2019 mendatang.

"Kita sudah sepakat untuk bangun pelabuhan perikanan disana. Kita percepat proses itu," ujar Luhut saat rapat bersama dengan KASAL dan Menteri KKP di Hotel Borobudur, Rabu (29/6).

Baca: Natuna akan Dijadikan Pusat Lelang Ikan Regional

Luhut mengatakan, selain membangun pelabuhan perikanan itu, negara juga akan membangun blok energi yang berfungsi menghidupkan listrik dan sumber daya di Natuna dan sekitarnya. Luhut mengatakan, ada sekitar rencana 19 blok energi yang akan dibangun di perairan Natuna. Lima diantaranya sedang dikerjakan.

Untuk aspek pertahanannya sendiri, Luhut mengatakan TNI juga sedang melakukan penguatan di Natuna. Selain menambah alutsista yang disiapkan juga pemerintah mengembangkan pangkalan di Natuna.

"Kita usahakan 2019 semua sudah leading. Jadi jangan sampai kejadian serupa terulang," ujar Luhut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement