Rabu 29 Jun 2016 05:14 WIB

Polisi Siapkan 32 Pos Istirahat untuk Pemudik

Rep: Mabruroh/ Red: Teguh Firmansyah
Sejumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor melintas di jalur pantura Tegal karang, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (21/7).
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Sejumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor melintas di jalur pantura Tegal karang, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (21/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polri telah menyiapkan sebanyak 32 titik lokasi cek point jelang libur lebaran 2016 besok. Titik-titik nantinya akan memaksa pengguna kendaran roda dua untuk beristirahat sejenak.

Kepala Bidang Manajemen Operasional Rekayasa Lalu Lintas Polri Kombes Darto Juhartono mengatakan selama ini angka kecelakaan kendaraan roda dua kerap kali bertambah setiap tahunnya. Prediksinya tahun 2016 pun akan terjadi peningkatan pemudik sekitar tiga sampai lima juta sepeda motor.

"Ada 35 titik cek point yang tersebar di beberapa daerah. Kita akan paksa mereka untuk istirahat untuk masuk ke ruangan area cek point," ujar Darto di Jalan Kapten Tendean, Mampang, Jakarta Selatan, Rabu (29/6).

Hal tersebut menurut Darto perlu dilakukan sebagai langkah pencegahan terjadi kecelakaan. Karena perjalanan yang panjang kata dia membutuhkan stamina dan konsentrasi yang bagus sehingga cek point tersebut sangat diharuskan.

Darto juga memaparkan di 35 lokasi cek poin tersebut pastinya telah difasilitasi apa saja yang nantinya bakal dibutuhkan para pemudik. Di antaranya tempat minum, tempat istirahat, air, dan tempat ibadah (musolah).

"Ini upaya kita untuk masyarakat istirahat sejenak. Ini untuk refresing mereka untuk menurunkan angka kecelakan lalu lintas," jelasnya.

Baca juga,  Menhub Jonan: Sepeda Motor Tantangan Mudik Terbesar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement