Selasa 21 Jun 2016 15:42 WIB

Jokowi Targetkan Swasembada Daging Sapi 10 Tahun Mendatang

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Bilal Ramadhan
Daging Sapi
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Daging Sapi

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan swasembada daging sapi secara mandiri mampu terlaksana pada 10 tahun mendatang. Sebab, masyarakat Indonesia tentu perlu memperoleh sapi berperforma baik.

“Dan bisa dipakai untuk menghasilkan sperma berkualitas,” kata Jokowi saat meninjau PT Karya Anugerah Rumpin di Bogor, Selasa (21/6).

Sperma-sperma nantinya dapat dibagikan kepada sejumlah pihak, baik industri maupu petani. Menurut Jokowi, satu tahun setidaknya Indonesia membutuhkan kurang lebih dua sampai tiga juta semen beku untuk mencapai swasembada ini.

Upaya hulu ini mampu diselesaikan dalam waktu enam tahun apabila dilakukan secara konsisten. Meski begitu upaya ini masih harus dihilirkan setelahnya sekitar tiga sampai empat tahun.

“Dengan syarat harus konsistens tinggi dan dilakukan terus menerus. Dari semua yang ada, itu semua sangat dimungkinkan bisa  asal konsisten dan butuh waktu sembilan hingga sepuluh tahun,” ujar Jokowi yang ditemani Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman, dan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Iskandar Zulkarnain.

Secara teknologi, Jokowi menilai, arahnya sudah tepat dan sesuai dengan yang diharapkan. Namun dia juga mengingatkan tidak mungkin pemerintah membagi bibi sapi unggul ke petani tanpa manajemen penyiapan dan pendampingan baik.

“Gagal kalau seperti itu dan kita coba pakai pola yang ada di sini (PT KAR) nantinya. Sementara untuk yang diberikan ke petani memang harus ada pendampingan,” terangnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement