Ahad 19 Jun 2016 21:30 WIB

Pekerja PDAM Jembrana Temukan Ribuan Koin Kuno

koin kuno (ilustrasi)
Foto: IST
koin kuno (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEGARA -- Koin kuno ditemukan pekerja PDAM Tirta Amertha Jati Jembrana, Bali, saat menggali di Banjar atau Dusun Taman, Desa Batu Agung, Sabtu (18/6). Informasi yang dihimpun Ahad (19/6) menyebutkan, ribuan koin berbentuk uang kepeng dengan lubang di tengah tersebut ditemukan Ismail saat menggali untuk saluran pipa PDAM di kedalaman 1,5 meter.

"Saluran pipa PDAM memang melewati jalan dusun ini. Ribuan koin atau yang di Bali dikenal dengan pis bolong tersebut tersimpan dalam guci kuno," kata Kepala Dusun Taman Ida Bagus Arnawa.

Untuk mengamankan temuan itu, dia mengatakan, benda yang diperkirakan sudah berusia 1.100 tahun tersebut disimpan di balai banjar dengan penjagaan ketat. Dari pengamatan, pada lempengan koin kuno yang terbuat dari perunggu ini tercetak tulisan mirif huruf Cina yang masih cukup jelas.

Arnawa tidak bisa memastikan asal usul benda tersebut. Namun di kalangan warga beredar informasi, ribuan koin kuno tersebut berasal dari Kerajaan Pecangakan, salah satu kerajaan di Kabupaten Jembrana. Temuan barang kuno ini membuat masyarakat penasaran ingin melihat langsung sehingga Balai Banjar Taman dipenuhi masyarakat dari berbagai kalangan, termasuk Bupati Jembrana I Putu Artha.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement