Jumat 17 Jun 2016 14:15 WIB

Ingin Minta Suaka, 8 WNA Somalia Diamankan di Belawan

Rep: Issha Harruma/ Red: Israr Itah
Para pencari suaka (ilustrasi)
Foto: abc
Para pencari suaka (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Delapan warga negara asing (WNA) asal Somalia diamankan petugas Kantor Imigrasi Kelas II Belawan, Medan, Kamis (16/6). Seluruh WNA itu ingin mencari suaka ke Indonesia dan sejumlah negara lain.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Belawan Bagus Putu mengatakan, saat ini enam orang dewasa dan dua anak-anak WNA itu masih menjalani pemeriksaan untuk mengetahui tujuan pasti keberadaan mereka di Belawan.

"Kami mengamankan delapan Warga Negara Asing asal Somalia. Kini sedang kami lakukan pemeriksaan," kata Bagus, Jumat (17/8).

Bagus mengatakan, para WNA itu berangkat dari negera mereka dengan menggunakan pesawat menuju Kuala Lumpur, Malaysia. Dari sana, mereka menumpang kapal motor untuk memasuki perairan Indonesia, tepatnya di pesisir Asahan, Sumut.

"Dengan menempuh 12 jam perjalanan darat ke Medan terus mereka ke Belawan dan ditangkap Polsek dan diserahkan ke Imigrasi Belawan," kata Bagus.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, para pencari suaka ini hanya mengantongi dokumen imigrasi berupa foto copy paspor. Saat ini, mereka telah dititipkan sementara di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) di Belawan, Medan.

"Mereka ini mau cari suaka. Kemudian, mau minta ketemu UNHCR di Medan untuk dikirim ke negara ketiga," kata Bagus. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement