Kamis 16 Jun 2016 18:27 WIB

Sukabumi Siapkan Lahan Untuk Bandara Citarate

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih
bandara
Foto: newshopper.sulekha.com
bandara

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemkab Sukabumi sedang bersiap membangun Bandara Citarate yang berada di wilayah selatan. Keberadaan bandara tersebut ditujukan untuk mempermudah akses bagi kunjungan wisatawan maupun mendorong perkembangan sektor pertanian.

"Kami sudah memetakan dan menyiapkan lahan untuk pembangunan bandara," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Iyos Somantri kepada wartawan Kamis (16/6).

Luasan lahan yang disiapkan mencapai 300 hektare di dua kecamatan yakni Ciracap dan Surade. Menurut Iyos, lahan 300 hektare tersebut akan dibagi menjadi dua bagian. Pertama, lahan seluas 165 hektare akan dibangun kawasan utama bandara. Sementara sisanya sebanyak 135 hektare dibangun untuk fasiltas penunjang bandara.

Iyos mengungkapkan, proses pengadaan lahan tersebut hingga kini belum dilakukan. Pasalnya, tahapan tersebut masih menunggu petunjuk dari Pemprov Jabar. Sebab, pembangunan bandara Citarate ini merupakan perencanaan dari Pemprov Jabar.

Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono menambahkan, pembangunan bandara ini akan mendongkrak laju pertumbuhan ekonomo warga Sukabumi. Di mana, akses warga ke selatan Sukabumi dapat lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan moda transportasi darat.

Adjo menuturkan, bandara ini dinamakan Citarate karena lokasinya sebagian besar berada di Desa Citarate, Kecamata Ciracap. Ia berharap proses pembangunan bandara ini dapat dilakukan dalam waktu cepat. Terlebih, Feasibility Study dan Detail Engineering Design (DED) sudah ada.n riga

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement