Selasa 14 Jun 2016 15:30 WIB

Terminal 3 Ultimate Jadi 'Hadiah' Lebaran Buat Masyarakat

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Dwi Murdaningsih
Pekerja melintas di ruang keberangkatan proyek pembangunan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (27/1).
Foto: AntaraMuhammad Iqbal
Pekerja melintas di ruang keberangkatan proyek pembangunan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (27/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - PT Angkasa Pura II tetap yakin bisa mulai mengoperasikan Terminal 3 Ultimate pada 20 Juni mendatang. Artinya, pada Lebaran nanti terminal paling canggih se-Indonesia ini sudah bisa melayani penumpang.

Direktur Utama Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi mengungkapkan, pihaknya begitu ngebet ingin segera mengoperasikan Terminal 3 Ultimate karena ingin berikan kado bagi masyarakat Indonesia saat Lebaran nanti.

Ia menambahkan, pada saat arus mudik dan balik Lebaran nanti, kepadatan Bandara Soekarno-Hatta diprediksi akan meningkat tajam. Solusi untuk mengurangi kepadatan yang ada, lanjutnya, dengan mengoperasikan Terminal 3 Ultimate yang pada awal pengoperasian bisa menampung 15 juta penumpang dan bertahap sampai 25 juta penumpang pada tahun depan.

"Jadi kita lihat yang namanya Soekarno Hatta sudah padat sekali. Oleh karenanya alangkah indahnya kita bisa mengurangi kepadatan di Terminal 2 khususnya. Yang kedua, ini kan Lebaran. Alangkah indahnya juga apabila kita memberikan hadiah ke masyarakat," kata Budi saat konferensi pers tentang kesiapan Terminal 3 Ultimate, Senin (13/6).

Belum lagi, Budi menyebutkan, keberadaan Terminal 3 Ultimate bisa menjadi kebanggan bangsa Indonesia mengingat Bandara Soekarno-Hatta tolok ukur kemajuan bendara di Indonesia.

Mengenai tantangan dari Kementerian Perhubungan untuk Angkasa Pura II agar bisa merampungkan penyelesaian fasilitas utama di Terminal 3 Ultimate sebelum 16 Juni, Budi mengaku optimis. Sampai saat ini pihak pembangun telah mengerahkan 2.500 pekerja setiap harinya dengan pemberlakuan dua shift kerja. Budi menyebutkan hal ini menjadi bukti bahwa Angkasa Pura II sudah berupaya optimal untuk bisa segera mengoperasikan T3 Ultimate.

"Insya Allah bisa. Semuanya kecil-kecil tapi lengkap. Yang pasti commissioning. Karena Kemenhub intensif commissioning disini. Insya Allah kami bisa selesaikan tanggal 16. Dan Insya Allah tanggal 20 (dioperasikan). Di luar itu, skenario kita serahkan ke Kemenhub," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement