Ahad 05 Jun 2016 17:16 WIB

Harga Telur Ayam di Palembang Tembus Rp 21 Ribu per Kilogram

Rep: Maspril Aries/ Red: Angga Indrawan
Telur ayam negeri
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Telur ayam negeri

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Sejak awal pekan lalu harga barang-barang kebutuhan pokok di Palembang menjelang puasa Ramadhan bergerak naik perlahan namun pasti. Harga telur ayam yang pekan lalu masih Rp 18 ribu per kilogram, pada Ahad (5/6) sudah dijual dengan harga Rp 21 ribu.

“Kemarin memang masih Rp 20 ribu per kg,” kata pedagang pemilik toko barang kebutuhan pokok di Pasar Padang Selasa, Ahad (5/6).

Kenaikan juga terjadi pada harga daging ayam potong yang sepekan lalu masih dijual Rp 33 ribu per kg, satu hari menjelang puasa Ramadhan sudah dijual Rp 36 ribu per kg.

Kenaikan harga juga diakui beberapa pedagang di Pasar Cinde dan Pasar 26 Ilir. Diantaranya kenaikan harga cabai dan bawang merah. Harga cabang merah yang awal pekan lalu di Pasar 26 Ilir masih dijual antara Rp 16 ribu per kg untuk cabai ukuran besar dan Rp 20 ribu per kg untuk cabai keriting. Satu hari menjelang bulan Ramadhan harga cabai merah naik menjadi Rp 35-40 ribu per kg.

Menurut Meri pedagang di Pasar 26 Ilir, kenaikan harga sudah bergerak naik sebelum bulan puasa. “Harga dari agen memang sudah naik,”  katanya.

Akibat kenaikan tersebut menurut Meri berdampak pada omzet penjualannya yang sepekan terakhir mulai turun. “Sekarang biasanya, membeli cabai satu kilogram, sekarang hanya membeli setengah kilogram. Bawang juga demikian,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement