Jumat 03 Jun 2016 22:02 WIB

Wakapolri Disarankan Langsung Jadi Kapolri

Budi Gunawan
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Budi Gunawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie M. Massardi menyarankan agar Wakil Kepala Polri (Wakapolri) bisa langsung menjadi Kepala Polri (Kapolri). Hal itu dianggap bisa menghindari intervensi politik saat pergantian pucuk pimpinan kepolisian.

"Mekanisme wakil diangkat menjadi kepala itu sudah berjalan di Bareskrim. Ini (penunjukkan Wakabareskrim menjadi Kabareskrim) patut diteladani dan dijadikan sistem yang baku," kata Adhie, Jumat (3/6).

Seperti diketahui, Irjen Irjen Pol Ari Dono Sukmanto menjadi Kabareskrim Polri menggantikan Komjen (Purn) Anang Iskandar. Irjen Ari sebelumnya menjabat sebagai Wakabareskrim Polri.

Adhie menyakini cara yang telah diterapkan di lingkungan Bareskrim bisa diterapkan pula untuk pucuk pimpinan Polri. Menurutnya, salah satu keuntungan bila Wakapolri diangkat menjadi Kapolri adalah orang tersebut bisa segera bekerja.

"Dia akan lebih cepat bekerja. Tidak perlu ada studi kasus lagi atau memetakan kondisi lagi karena dia sudah terbiasa bekerja dengan Kapolri," katanya.

Dengan demikian, Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan seharusnya diprioritaskan menggantikan Jenderal Pol Badrodin Haiti yang sebentar lagi akan pensiun.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement