Jumat 03 Jun 2016 20:01 WIB

Kuota Mudik Gratis Kemenhub Masih Banyak Tersisa

Red: Ilham
Mudik gratis (ilustrasi)
Mudik gratis (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kuota mudik gratis untuk pengemudi sepeda motor yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan masih tersisa banyak. Kuota yang terisi baru sepertiga dari kuota keseluruhan 12 ribu sepeda motor dan 24 ribu penumpang pada masa periode mudik Lebaran 2016.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub sekaligus Koordinator Angkutan Lebaran Terpadu 2016, Pudji Hartanto Iskandar mengatakan, pihaknya mendorong pemudik untuk mengikuti mudik gratis tersebut karena lebih aman daripada mengendarai sepeda motor. "Sepeda motor memang tidak disarankan karena dalam Undang-undang tidak termasuk ke dalam angkutan umum, pilihlah yang aman seperti bus dan ini gratis," katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (3/6).

Pudji tidak menampik alasan masyarakat enggan memanfaatkan mudik gratis karena belum yakin dengan keamanan dan kenyamanan angkutan umum, terutama bus. "Mereka belum menggunakan angkutan umum mungkin kurang nyaman akan keselamatannya, tapi mudik gratis kita aman," katanya.

Selain itu, lanjut dia, maraknya pemudik menggunakan mobil pribadi ketimbang angkutan umum karena di kampungnya belum tersedia angkutan umum yang layak. Padahal mereka membutuhkan yang bisa mempermudah mobilitas silaturahim.

"Ini menjadi pekerjaan rumah kami ke depannya. Karena itu, kami akan berkoordinasi dengan Pemda setempat untuk menyediakan angkutam umum yang layak di daerah, bagaimanapun juga perlu," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement