Kamis 02 Jun 2016 03:15 WIB

'1 Juni Momentum Wujudkan Cita-Cita Bangsa'

Olly Dondokambey.
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Olly Dondokambey.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey pada peringatan hari lahir Pancasila menyebutkan tanggal 1 Juni adalah momentum mewujudkan cita-cita bangsa.

"Mari secara bersama-sama kita memperbaharui komitmen, baik pemerintah, unsur TNI, Polri, organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan, maupun mahasiswa dan siswa untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia," kata Gubernur Dondokambey di Manado, Rabu (1/6).

Cita-cita tersebut, kata dia adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpa darah Indonesia. Kemudian memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

"Kita juga memaknai tanggal 1 Juni untuk membuktikan bahwa Bhineka Tunggal Ika bukan hanya slogan semata, akan tetapi merupakan tonggak kita semua (tonggak Bangsa Indonesia) menjalani kehidupan dalam keberagaman," katanya.

Sebab menurut politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini, dengan memahami makna nilai-nilai sejarah Pancasila, sebagai komponen bangsa Indonesia sepatutnya mewarisi semangat dan pemikiran Bung Karno dalam menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam lima sila.

Salah satunya, lanjut dia, dapat dilakukan dengan memperingati serta memaknai hari lahir Pancasila. "Hari lahir Pancasila merekatkan persatuan dan kesatuan, bersatu padu, bergandengan tangan, bergotong royong dalam mewujudkan janji-janji kemerdekaan membumikan Pancasila di bumi pertiwi yang kita cintai ini," tandasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement