Rabu 01 Jun 2016 14:56 WIB

Palu Targetkan Rp 2,9 Miliar dari Parkir

Lahan parkir (ilustrasi)
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Lahan parkir (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah menargetkan pendapatan dari sektor perparkiran pada 2016 ini senilai Rp 2,9 miliar.

Kepala Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatikan Kota Palu Denny R Sumolong menyatakan Rabu (1/6), target tersebut mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp 2,1 miliar.

"Kita targetkan pendapatan dari sektor parkir senilai Rp 2,9 miliar untuk penunjang PAD Kota Palu," kata Denny.

Menurut dia, target pendapatan dari sektor parkir tersebut belum termasuk pajak parkir yang ada dan berlaku di daerah tersebut, yang diwajibkan kepada PT Palu Graha Sejahtera sebagai perusahaan pemilik Palu Grand Mall dan PT Citra Nuansa Elok sebagai perusahaan pemilik Mall Tatura Palu.

Target tersebut diperoleh dari retribusi parkir dan pelaksanaan paning parkir yang digunakan oleh seluruh Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemkot Palu, karyawan swasta dan masyarakat. Dishub, sebut dia, berupaya menambah kantong-kantong retribusi parkir untuk penunjang target tersebut yaitu dengan memaksimalkan pengelolaan 214 titik parkir yang ada di tepi jalan utama di kota tersebut.

Saat ini, ia telah melakukan pengkajian terhadap 214 titik parkir di kota tersebut, untuk diefektifkan sebagai sumber pendapatan asli daerah yang berdampak pada pembangunan daerah.

Anggota Komisi I Bidang Pemerintahan dan Kesra DPRD Kota Palu, Muhammad J Wartabone mendukung langkah Dinas Perhubungan untuk meningkatkan PAD kota tersebut dengan memaksimalkan pengelolaan parkir. "Sektor perparkiran jika dikelola dengan baik dan secara maksimal, akan memberikan dampak yang siginifikan terhadap peningkatan PAD Kota Palu, yang berujung pada peningkatan pembangunan daerah," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement