Rabu 01 Jun 2016 14:26 WIB

Jabar dan Australia Selatan Jajaki Potensi Bisnis Bersama

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar. (Republika/Edi Yusuf)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar. (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Provinsi Jawa Barat dengan Negara Bagian Australia Selatan menggelar forum bisnis bersama, Rabu (1/6/2016). Forum ini digelar, untuk peningkatan kerja sama di berbagai bidang di antara kedua daerah. Dalam pertemuan tersebut, kedua daerah saling mengundang untuk berinvestasi.

Menurut Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, forum ini mengenalkan keunggulan serta potensi ekonomi Jawa Barat di berbagai bidang. Di antaranya, kekayaan sumber daya alam, pendidikan, pertanian, perikanan, pariwisata, seni-budaya, serta kontribusi industri manufaktur yang ada di Jawa Barat yang bisa memberikan sumbangsih besar hingga mencapai 60 persen secara nasional.

Forum ini, merupakan tindak lanjut dari join working grup meeting antara Pemprov Jawa Barat dan Australia Selatan pada 15 – 18 November 2015 lalu di Kota Bandung. Yakni, meliputi 9 bidang kerja sama. Di antaranya, pertanian, perikanan, perindustrian dan perdagangan, penanaman modal, kesehatan, pemerintahan, pendidikan, pariwisata, seni dan budaya.

Deddy mengatakan, bisnis forum kali ini merupakan implementasi kerja sama di bidang industri perdagangan dan investasi. Deddy berharap, forum ini bisa menjadi momentum baik dan berdampak positif bagi hubungan persahabatan kedua daerah. Selain itu, bisa menjadi wadah untuk berdiskusi mengenai gagasan dan terobosan sebagai bentuk inovasi untuk hubungan kerjasama yang efektif dan konkrit.

Forum ini pun, kata dia, merupakan momentum yang sangat baik dan strategis untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya. Terutama, dalam upaya peningkatan kerja sama pada sektor ekonomi, perdagangan, binsis, dan investasi.

“Jadi kami juga mengundang Australia Selatan untuk berinvestasi di Jawa Barat,” katanya.

Menurut Menteri Investasi dan Perdagangan Australia Selatan Mr Hamilton-Smith, Pemerintah Australia Selatan sangat berminat untuk bisa berkontribusi dalam pesatnya pembangunan yang telah dilakukan di Jabar.  Hal itu, menyebabkan pihaknya kembali ke Jawa Barat dengan membawa perusahaan-perusahaan Australia Selatan yang mengemban bisnis sebagai target pendekatannya.

Smith mengatakan, Ia percaya bahwa terdapat peluang bagi perusahaan-perusahaan Australia Selatan untuk berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Karena, Australia Selatan memiliki keunggulan dan potensi di berbagai bidang yang bisa dikerjasamakan dengan Jawa Barat. Di antaranya bidang pendidikan dan penelitian, seni-budaya, industri teknologi, agrikultur, makanan dan anggur, industri pertahanan dan manufaktur, infrastruktur dan jasa profesional, pariwisata, seni dan budaya, kerja sama pemerintahan, hingga fashion.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement