Senin 30 May 2016 11:47 WIB

Kemenpar RI Promosikan Wonderful Indonesia di London

Wonderful Indonesia
Foto: Kementerian Pariwisata
Wonderful Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Kementerian Pariwisata RI mempromosikan Wonderful Indonesia dalam acara Indonesia Weekend yang digelar di Taman Potters Fields yang berlatar belakang London Bridge dan Tower of London selama dua hari pada 28 dan 29 Mei.

"Acara Indonesia Weekend melengkapi kegiatan promosi yang rutin diikuti Kementerian Pariwiwsata selama ini dalam acara World Travel Mart WTM London yang digelar pada awal bulan November," kata Asisten Deputi Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika Kemenpar, Nia Niscaya, Ahad (29/5).

Menurut Nia, seperti yang diharapan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dengan keikutsertaan Kementerian Pariwisata dalam acara Indonesia Weekend adalah dalam upaya meningkatkan brand awareness Wonderful Indonesia kepada masyarakat UK dan juga wisatawan yang datang ke Inggris karena lokasi penyelenggaraan berada di salah satu ikon di London

 

Nia mengatakan penyelenggaraan Indonesia Weekend bertujuan untuk meningkatkan "brand awareness" maka porsi Kemenpar mengambil pada titik-titik strategis yang menampilkan branding tersebut di panggung pertunjukan yang sangat kuat dengan dekorasi branding ini dan tidak ada branding para sponsor."Selain itu, adanya "giant screen LED" sangat kuat dan "looping" dengan pesan-pesan Wonderful Indonesia," ujarnya. 

Dikatakannya di "stand" permainan Indopoly seperti permainan monopoli dengan gambar-gambar destinasi pariwisata untuk memperkuat "tagline explore further" dari branding Wondeful Indonesia, karena kebanyakan orang masih mengenal Bali saja. Padahal banyak destinasi wisata lainnya yang tak kalah menarik dan terus ditingkatkan kualitas destinasinya oleh pemerintah.

Di tempat panel pameran, foto-foto terpampang destinasi wisata yang dilengkapi dengan tulisan "visa free" pada setiap panel foto. Selain itu pada busana yang dipakai Malang Carnival dan Cosplay sebagain atraksi untuk "photo ops" para pengunjung.

Nia Niscaya mengatakan umtuk melengkapi kegiatan peningkatan brand awareness ini, Kemenpar menyertakan "travel agent" setempat yang khusus menjual paket ke Indonesia.

Keberadaan Garuda juga memperkaya informasi pengunjung di paviliun Kemenpar dengan mempromosikan tiket "Wonderful Indonesia Pass". Jika terbang dengan Garuda maka akan mendapatkan harga khusus untuk tiket ke dua destinasi domestik seperti London-Jakarta (Yogya, Lombok). 

Harga spesial ini tidak dapat diperoleh jika tidak menggunakan penerbangan sektor internasionalnya dengan Garuda. Di paviliun Kemenpar juga dilengkapi dengan photo ops menggunakan pakaian daerah serta permainan interaktif untuk anak-anak untuk menyusun robot tokoh cerita anak Indonesia dari kertas.

Mengenai perkembangan wisatawan dari Inggris ke Indonesia pada tahun 2014 tercatat 230.315, sedangkan tahun 2015 sebanyak 270.000 dan target kunjungan tahun 2016 diharapkan akan mencapai 300.000.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement