Ahad 29 May 2016 12:30 WIB

BMKG Minta Warga Waspadai Hujan Disertai Petir

Red: M Akbar
Hujan petir
Foto: flickr
Hujan petir

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengimbau warga mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada Senin (30/5).

"Waspadai hujan sedang hingga lebat disertai petir serta angin kencang yang akan terjadi dalam waktu singkat," kata Staf Koordinator Unit Analisis BMKG Pangkalpinang, Nur Setiawan, Ahad (29/5).

Daratan di Kabupaten Bangka, Bangka Barat dan Belitung berpotensi hujan sedang, sementara di Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung Timur dan Kota Pangkalpinang hanya berpotensi hujan ringan.

Rata-rata kecepatan angin berkisar antara 6-20 kilometer per jam dari Timur ke Selatan dengan suhu udara 24-32 derajat celcius dan kelembaban udara 62-98 persen.

Ia mengatakan, tinggi gelombang signifikan di Selat Bangka berkisar 0,25 meter, sedangkan di Selat Gelasa, Utara Bangka, Selatan Bangka dan Selat Karimata masing-masing berkisar 0,5 meter.

"Ketinggian gelombang maksimum di seluruh perairan itu dapat mencapai dua kali dari ketinggian gelombang signifikan. Ketinggian gelombang laut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung arah dan kecepatan angin," ujarnya.

Selanjutnya pasang air laut di Membalong Kabupaten Belitung 2,27 meter, di Toboali Bangka Selatan 1,82 meter, di Sungailiat Bangka 2,22 meter, di Kelapa Kampit Belitung Timur 1,50 meter.

Kemudian di Tanjungpandan Belitung 1,45 meter, di Belinyu Bangka 1,42 meter, dan di Mentok Bangka Barat 1,33 meter.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement