Jumat 27 May 2016 08:35 WIB

Wali Kota Cirebon: Perlu Ada Pelatihan untuk Pencari Kerja

Calon pelamar pekerjaan antre untuk mengisi berkas di stand bursa lowongan kerja, Istora Senayan, Jakarta, Selasa (18/3)
Foto: Republika/ Wihdan
Calon pelamar pekerjaan antre untuk mengisi berkas di stand bursa lowongan kerja, Istora Senayan, Jakarta, Selasa (18/3)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Wali Kota Cirebon, Jawa Barat, Nasrudin Azis mengatakan perlu adanya pelatihan keterampilan untuk para pencari kerja. Ini agar mereka bisa bersaing di dunia kerja dan bisa menekan angka pengangguran.

"Sangat diperlukan adanya pelatihan keterampilan, baik itu untuk kasir, marketing dan lain sebagainya yang kiranya dibutuhkan oleh perusahaan," kata Azis di Cirebon, Kamis (26/5).

Menurut dia dengan mengandalkan ijazah sekarang tidak cukup lagi, karena skill atau kemampuan itu sangat mempengaruhi diterimanya atau tidak di perusahaan. Untuk itu kiranya pelatihan keterampilan juga harus ada, agar bisa memberikan peluang bagi para pencari kerja yang ingin mendapatkan pekerjaan yang layak.

Ia mencontohkan sekarang ini banyak jurnalis yang bukan dari Sarjana jurusan Komunikasi dan mereka semua bisa berkat latihan. "Jurnalis juga bukan hanya dari ilmu Komunikasi saja bukan? Dan bahkan berbagai macam jurusan bisa menjadi jurnalis, asalkan mereka bisa dan mau dilatih," ujarnya sambil menanyai para wartawan.

Ia menambahkan selain pelatihan juga perlu adanya kemauan dari para pencari kerja untuk terus berlatih dan mau dilatih. Saat ini di Cirebon memang banyak angkatan pencari kerja dan tidak dipungkiri adanya pengangguran baik itu lulusan SLTA maupun S1. "Untuk itu perlu adanya kemauan dan berani bersaing dengan orang luar daerah, agar bisa mencari kerja di daerah sendiri," tambahnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement