Jumat 27 May 2016 03:02 WIB

Banten Siapkan 6.000 Kerbau Antisipasi Kekurangan Daging Sapi

 Pedagang memotong daging sapi di Pasar Senen, Jakarta, Senin (9/5). (Republika/Agung Supriyanto)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Pedagang memotong daging sapi di Pasar Senen, Jakarta, Senin (9/5). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten menyiapkan cadangan kerbau sekitar enam ribu ekor mengantisipasi kekurangan daging sapi jelang Ramadhan dan Idul Fitri.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten Agus M Tauchid di Serang, Kamis mengatakan, ketersediaan ternak kerbau di Banten dalam satu tahun mencapai 144 ribu ekor yang tersebar di Lebak, Pandeglang, Serang dan Kabupaten Tangerang.

"Kita tidak perlu khawatir karena di Banten ini punya cadangan kerbau sekitar 144 ribu ekor dalam setahun. Nah untuk menghadapi puasa Ramadhan, sekitar enam ribu ekor sudah siap," kata Agus Tauchid.

Sementara ketersediaan kebutuhan pangan menjelang Ramadhan di Banten untuk jenis pangan beras masih sangat mencukupi. Bahkan ketersediaan beras di Bulog mencukupi hingga enam bulan ke depan. Namun demikian, untuk ketersediaan daging sapi menghadapi Ramadhan masih defisit dua sampai empat ribu ekor.

"Kami akan segera kumpulkan para pengusaha 'feedloter' untuk berkordinasi mengenai ketersediaan daging sapi ini menjelang Ramadhan," katanya.

Ia mengatakan, mengenai kekurangan stok daging sapi menjelenag Ramadhan di Banten tersebut, sudah disampaikan kepada pemerintah pusat termasuk beberapa daerah lainnya. Sehingga pusat segera mengantisipasinya dengan melakukan import daging sapi dalam waktu dekat.

"Memang untuk mengamankan harga di pasaran itu tergantung dari suplainya. Kalau suplai kurang, sudah pasti harga akan naik karena itu hukum pasar. Nah kami akan berupaya agar suplai daging sapi di Banten ini tetap aman," kata Agus.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement