Rabu 25 May 2016 04:13 WIB

Nasi Uduk Babi Buncit Miliki Pelayan Berkerudung, Ini Kata Halal Watch

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Bilal Ramadhan
Daging babi mentah (ilustrasi)
Foto: BBQ Junkie (Flickr)
Daging babi mentah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Media sosial dihebohkan dengan beredarnya foto kedai Nasi Uduk Babi Buncit yang terletak di Lippomall Puri, Jakarta Barat. Yang paling menjadi perhatian adalah pelayan di kedai tersebut mengenakan kerudung.

Menanggapi hal ini, Indonesia Halal Watch akan menginvestigasi lebih mendalam apakah perempuan tersebut benar beragama Islam atau tidak. Pasalnya, kerudung bukan hanya menjadi identitas Muslim semata. Ada juga penganut agama Kristen Ortodoks yang juga menggunakan penutup kepala serupa. "Pada dasarnya (kerudung) bukan monopoli Muslim karena banyak sekali modelnya," ujar Direktur Eksekutif Indonesia Halal Watch Ikhsan Abdullah kepada Republika.co.id, selasa (24/5).

Jika benar perempuan itu beragama Islam, ada beberapa sikap yang hendak ditunjukkan Halal Watch. Pertama, artinya pengaruh Islam sudah bagus, mengingat Muslimah memang diwajibkan menutup aurat.

Kedua, apabila identitas itu digunakan untuk mengelabui konsumen, maka cara-cara tersebut sangat tidak dibenarkan. "Karena masyarakat bisa terkecoh," kata dia.

Untuk itu, Halal Watch pun akan segera menyurati pemilik kedai, Oey Cecilia dan Tommy, serta pengelola mal untuk bertemu dan membahas soal Nasi Uduk Babi Buncit ini. Mereka akan diundang datang ke kantor Halal Watch dalam waktu dekat. Dia berharap pihak-pihak tersebut mau bersikap terbuka dan menerima masukan dari Halal Watch.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement