Rabu 25 May 2016 02:06 WIB

100 Sineas Muda Ikuti Lokakarya Film Tingkat Dasar

Rol Film
Foto: ingeyukiko.blogspot.com
Rol Film

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sebanyak 100 sineas muda dari sejumlah sekolah menengah atas (SMA) dan yang sederajat di Tanah Air mengikuti lokakarya film tingkat dasar yang diselenggarakan di Bogor, 24 Mei hingga 31 Mei.

"Lokakarya ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para sineas muda. Untuk tahap awal kami memilih sebanyak 100 sineas muda," ujar Kepala Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dr Maman Wijaya, saat membuka lokakarya di Bogor, Selasa malam.

Sineas muda yang dipilih berasal dari sekolah-sekolah yang mendapatkan bantuan fasilitas studio perfilman. Maman menyebut ada 38 sekolah yang mendapatkan bantuan tersebut pada tahun lalu. Lokakarya tersebut terbagi tiga kelas yakni sinematografi, penulisan skenario, dan penyutradaraan.

"Siswa yang dipilih merupakan siswa yang memiliki minat pada dunia perfilman," kata dia.

Lokakarya tersebut tak hanya dilakukan pada satu tahap. Maman menyebut pihaknya akan menyeleksi lagi peserta lokakarya untuk kemudian mengikuti lokakarya tahap lanjut.

"Dari lokakarya ini, kami berharap akan muncul para sineas muda berbakat. Tak perlu banyak- banyak, lima orang saja tapi berbakat itu prestasi luar biasa. Kami akan memfasilitasi mereka untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya," jelas Maman.

Sejumlah profesional di bidang perfilman menjadi pengajar dalam lokakarya tersebut yakni Dimas Cendekiawan, Baskoro Adi, Totot Indarto, Aria Kusumadewa dan sebagainya.

Seorang peserta dari SMK Tunas Harapan, Pati M Khusairi, mengatakan sangat senang dengan lokakarya tersebut.

"Saya memang suka dengan sinematografi sejak kecil. Saya berharap dengan lokakarya ini bisa menambah pengalaman dan wawasan," kata Kusairi yang mempunyai cita-cita sebagai juru kamera tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement