Sabtu 21 May 2016 22:35 WIB

Gasing Raksasa akan Dipajang di Tafisa 2016

Permainan tradisional gasing di Desa Sembalun, Lombok.   (Republika/Wihdan Hidayat)
Foto: Republika/ Wihdan
Permainan tradisional gasing di Desa Sembalun, Lombok. (Republika/Wihdan Hidayat)

REPUBLIKA.CO.ID, MUNTOK -- Persatuan Gasing Seluruh Indonesia (Pergasi) akan menampilkan gasing raksasa pada kegiatan The Association For International Sport for All (TAFISA) World Games yang akan digelar di Jakarta, 6-12 Oktober 2016.

"Gasing raksasa berdiameter sekitar 80 centimeter tersebut saat ini masih dalam proses pengerjaan di salah satu perajin gasing di Kabupaten Bangka Barat," kata Ketua Pergasi Agus MD saat berkunjung ke Muntok, Sabtu (21/5).

Menurut dia, penampilan gasing raksasa pada TAFISA World Games 2016 atau olimpiade olahraga rekreasi di Taman Impian Jaya Ancol Jakarta tersebut diharapkan mampu menyedot perhatian seluruh peserta, penonton dan media massa sehingga permainan tradisional Melayu tersebut semakin dikenal masyarakat.

"Pada kegiatan itu akan diliput ratusan media lokal dan asing, serta menyedot perhatian besar dari publik internasional, ini merupakan kesempatan agar gasing semakin dikenal di dalam dan luar negeri," katanya.

Ia mengatakan, saat ini permainan gasing sudah memiliki aturan baku dan siap ditingkatkan statusnya dari permainan tradisional menjadi olah raga prestasi.

"Selain mempopulerkan gasing, kami juga terus melakukan pembentukan pengurus cabang dan pengurus daerah di seluruh Indonesia sebagai salah satu upaya agar gasing diakui sebagai salah satu olah raga prestasi, seperti pencak silat dan sepak takraw," katanya.

Menurut Pengurus Pergasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sofian Sahaba gasing ukuran raksasa yang disiapkan untuk pagelaran TAFISA World Games 2016 berbahan kayu menggeris solid dengan tehnik pengerjaan manual.

"Saat ini masih dalam proses pengerjaan secara tradisional oleh perajin lokal, kami yakin akan siap saat perhelatan akbar tersebut digelar," ujarnya.

Selain menyiapkan gasing raksasa, kata dia, Pergasi Babel juga akan mengirim sejumlah pegiat gasing untuk tampil bersama para pegasing dalam dan luar negeri.

"Jumlahnya belum pasti karena pengiriman delegasi ini berkaitan dengan anggaran yang ada, kami harapkan akan semakin banyak yang dikirim agar permainan gasing semakin ramai dan meriah pada saat kegiatan digelar," katanya.

Sofian Sahaba dan Agus MD merupakan putra-putra terbaik dari Kabupaten Bangka Barat yang selama ini mendedikasikan hidupnya untuk melestarikan permainan gasing. Mereka berdua juga pernah diutus sebagai perwakilan Indonesia pada TAFISA World Games 2012 yang diselenggarakan di Siauliai, Lithuania.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement