Kamis 19 May 2016 23:42 WIB

Danlantamal V Resmikan Pos TNI AL Puger

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Bayu Hermawan
Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V) Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah (kiri)
Foto: Antara/Didik Suhartono
Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V) Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V) Surabaya, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah, meresmikan operasional Pos Angkatan Laut (Posal) Puger yang terletak di Pantai Pancer, Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger.

Peresmian Posal Puger ini sesuai Peraturan Kasal Nomor 1 Tahun 2016 tanggal 25 Januari 2016 tentang Pembentukan Pos Pengamatan TNI AL Kelas B Puger.

Peresmian Posal tersebut ditandai dengan pengukuhan Letnan Dua (E) Effendi sebagai Komandan Posal Puger yang pertama dilanjutkan dengan penandatangan batu prasasti oleh Danlantamal V didampingi Bupati Jember dan Komandan Lanal Banyuwangi serta pengguntingan pita peresmian gedung Posal Puger.

"Kabupaten Jember sendiri memiliki 31 kecamatan dengan total panjang garis pantau sejauh 170 Km," ujarnya, Kamis (19/5).

Secara organisasi, terang dia, Posal Puger berada di bawah wilayah kerja Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi. Lanal Banyuwangi merupakan salah satu pangkalan dari delapan pangkalan yang berada di jajaran Lantamal V Surabaya  sehingga secara fungsi, Posal Puger merupakan kepanjangan tangan dan mata dan telinganya Lanal Banyuwangi.

"Pada hakekatnya keberadaan Posal merupakan implementasikan dari tugas pokok peran dan fungsi sebagai elemen terkecil dalam strata gelar Pangkalan TNI Angkatan Laut. Posal ini mempunyai tugas pokok mengumpulkan informasi kemudian disampaikan ke satuan atas untuk dikaji dan dievaluasi sebagai data masukan untuk pengambilan keputusan, baik dalam tingkat taktis operasi dan strategis," jelasnya.

Keberadaan Posal merupakan ujung tombak dari Lanal. Pos ini mewakili keberadaan TNI AL di daerah yang akan mewarnai persepsi masyarakat kepada TNI AL.

Oleh karena itu Posal harus mampu memainkan peranan kontribusi kepada masyarakat yang berarti harus benar-benar secara nyata memberikan manfaat bagi kepentingan masyarakat.

Posal juga harus mampu mendukung dan memberikan kontribusi dalam pelaksanaan pembangunan di daerah dalam konteks pembinaan potensi nasional kekuatan maritim, teritorial masalah laut serta pembinaan lainnya.

"Posal juga harus melaksanakan tugas pokok dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab terhadap tupoksinya," ujar Rudy.

Peresmian  Posal Puger diakhiri dengan pelepasan ratusan anak penyu hijau atau tukik ke habitatnya dengan disaksikan jajaran pejabat setempat.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement