Rabu 18 May 2016 18:23 WIB

Ahok Ingin Tiru Konsep Air Bersih Singapura

Rep: C33/ Red: Karta Raharja Ucu
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)
Foto: JAk TV
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menginginkan air limbah dimanfaatkan lewat penyulingan untuk menjadi air bersih agar memasok kebutuhan rumah susun (rusun).

Pria yang akrab disapa Ahok itu menanggapi ketersediaan air jernih merupakan masalah pokok bagi warga Ibu Kota. Terlebih warga harus membayar agar bisa memperoleh air bersih. Sehingga ia berencana menyuling air limbah agar bisa dijadikan air bersih.

"Saya sudah bilang sama PAM, semua rusun harus punya air baku pengolahan air sendiri pasang air sendiri. Makanya saya sudah minta pengolahan air limbahnya langsung, bahkan rusun yang akan datang bisa langsung minum itu yang saya minta," katanya kepada wartawan di Balai Kota, Rabu (18/5).

Ahok menyebut rencananya itu mirip seperti yang dilakukan Singapura. Negeri Singa itu mampu mengubah air sungai menjadi air bersih yang bisa langsung dikonsumsi lewat keran. Ahok menilai jika hal itu terjadi di DKI, tentunya bisa membantu warga menghemat pengeluaran.

"Kalau itu (terjadi), hemat berapa duit masyarakat kita. Nah ini yang kita mau lakuin. Terus air limbah juga kita olah, perumahan sudah kita siapkan, terus pipa gas, genset. Nanti orang yang tinggal di rumah susun itu betul-betul ini adalah inkubator sosial menolong orang yang tidak mampu punya kesempatan mengubah nasib," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement