Rabu 18 May 2016 09:41 WIB

56 Desa di Bojonegoro Miliki Website

Pembuatan website (ilustrasi).
Foto: Ist
Pembuatan website (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BOJONEGORO --Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bojonegoro menyebutkan di daerahnya sudah ada 56 desa yang dilengkapi domain berupa laman desa yang berisi pelaporan pemanfaatan anggaran desa di berbagai bidang pembangunan.

"Pembuatan laman (website) desa sudah berjalan sejak dua tahun lalu. Sekarang ini sudah ada 56 desa yang memiliki laman desa yang berisi pelaporan keuangan dan potensi desa," kata Kepala Dinas Kominfo Bojonegoro Kusnandaka Tjatur, Rabu (18/5).

Lebih lanjut, ia mengatakan keberadaan laman desa merupakan bentuk keterbukaan informasi publik sebagaimana yang diamanatkan dalam UU No.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Di Bojonegoro, katanya, pengelolaan laman desa diatur melalui Peraturan Bupati (Perbup) Bojonegoro No 20 tahun 2012 tentang Inovasi Pembangunan Berbasis Partisipasi Publik.

"Dalam perbup itu juga diatur alokasi anggaran operasional laman desa dan masuk dalam APBDes," paparnya.

Ia mencontohkan di Kecamatan Sumberrejo, dengan 26 desa sudah memiliki laman desa dengan mengalokasikan anggaran operasional laman desa sebesar Rp5 juta per tahun.

"Laman desa itu, selain berisi pelaporan pemanfaatan anggaran desa, juga berisi berbagai potensi desa," urainya.

Ia menargetkan seluruh desa/kelurahan yang ada di kabupaten itu, yakni sebanyak 430 desa/kelurahan, sudah memiliki laman pada 2017.

"Target tahun ini ada tambahan 26 laman desa," ujarnya.

Ia menambahkan keterbukaan informasi publik di daerahnya juga dilakukan melalui 60 blog kelompok informasi masyarakat (KIM) yang tersebar di berbagai desa.

"Kami akan terus mendorong terbentuknya laman desa dan KIM melalui berbagai pelatihan," tuturnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement