Selasa 17 May 2016 23:04 WIB

JK Harapkan Bank Infrastruktur Islam Terealisasi

Jusuf Kalla
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengharapkan pembentukan Bank Infrastruktur Islam (Islamic Infrastructure Bank) bisa benar-benar terealisasi sehingga dapat membantu program-program strategis di negara-negara anggota IDB (Bank Pembangunan Islam).

Menurut Jusuf Kalla, Indonesia sebagai negara yang penduduk Islam-nya sangat besar akan mempunyai harapan yang besar terwujudnya lembaga tersebut.

"Dengan pengalaman yang ada dan kerja sama dengan negara Islam lainnya, tentu sangat berharap dapat terlaksana bank tersebut," ujar Jusuf Kalla di Jakarta, Selasa.

Pembahasan pembentukan Bank Infrastruktru Islam yang diinisiasi Bank Pembangunan Islam (IDB), Indonesia dan Turki masih terus dibahas. Saat ini, tim khusus sudah dibentuk dan akan segera memulai pembicaraan.

Proses pembentukan bank tersebut memang butuh beberapa pembicaraan terkait bagaimana struktur bank, dewan gebernurnya, utilisasi fasilitas semua negara, operasional, termasuk soal kantor pusatnya yang ditengarai masih tarik menarik akan didirikan di Indonesia atau di Turki.

Indonesia merupakan salah satu negara pendiri IDB pada 1975 dan kini masih menjadi salah satu dari 56 negara anggota IDB.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla sendiri secara resmi baru saja membuka Sidang Tahunan Dewan Gubernur Islamic Development Bank (IDB) Ke-41 di Jakarta, Selasa.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement