Jumat 13 May 2016 16:43 WIB

Pengunjung Gunung Rinjani 2015 Tembus 70 Ribu Orang

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Ani Nursalikah
 Sejumlah pendaki turun dari puncak Gunung Rinjani, Sembalun, Lombok Timur, NTB, Rabu (30/7). (Antara/Eka Fitriani)
Sejumlah pendaki turun dari puncak Gunung Rinjani, Sembalun, Lombok Timur, NTB, Rabu (30/7). (Antara/Eka Fitriani)

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- General Manager (GM) Geopark Rinjani, Chaerul Mahsul mengungkapkan kunjungan wisatawan asing dan dalam negeri ke Gunung Rinjani 2015 mencapai 70 ribu orang lebih. Dengan persentase wisatawan asing sebanyak 27.186 orang dan lokal 43.519 orang.

"Tamu asing sebanyak 27.186 orang dan tamu lokal 43.519 orang. Total sebanyak 70.705 orang," ujarnya kepada wartawan di Kota Mataram usai pemaparan Geopark Rinjani menuju Global Geopark Rinjani, Jumat (13/5).

Dirinya menuturkan saat ini akan menyambut kedatangan dua asesor dari UNESCO yang akan menilai kelayakan Gunung Rinjani menjadi UNESCO Global Geopark Rinjani. Penilaian akan dilaksanakan pada 18 Mei hingga 21 Mei mendatang. 

Menurutnya, usai melakukan penilaian UNESCO akan mengumumkan apakah Gunung Rinjani layak menjadi UNESCO Global Geopark Rinjani pada 2017. Chaerul mengungkapkan diharapkan dengan Gunung Rinjani meraih status itu konsep keberlanjutan akan terus berjalan.

Ketua Task Force Pengembangan Geopark Indonesia, Yunus Kusumahbrata mengatakan keuntungan Gunung Rinjani menjadi Global Geopark maka secara gratis akan terpromosikan ke anggota persatuan global Geopark di Eropa, Asia dan Amerika. Hal tersebut akan mendorong tingkat kunjungan wisatawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement