Rabu 11 May 2016 19:18 WIB

Muncul Petisi Online 'Selamatkan Kebun Binatang Bandung'

Kondisi Yani, gajah Lampung di Kebun Binatang milik Yayasan Margasatwa Tamansari Bandung itu kian memburuk setiap harinya, Rabu (11/5).  (Foto : Dede Lukman Hakim)
Foto: Republika/Dede Lukman Hakim
Kondisi Yani, gajah Lampung di Kebun Binatang milik Yayasan Margasatwa Tamansari Bandung itu kian memburuk setiap harinya, Rabu (11/5). (Foto : Dede Lukman Hakim)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Change.org Indonesia mengeluarkan petisi daring (online) melalui laman www.change.org/p/selamatkan-kebun-binatang-bandung sebagai seruan kepada masyarakat untuk menyelamatkan dan memperbaiki kondisi objek wisata di Kota Bandung tersebut.

Petisi yang digagas oleh Save Bandung Zoo Project ini hingga Rabu (11/5), pukul 18.32 WIB, telah ditandatangani oleh 4.697 pendukung. Petisi akan dikirim kepada Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Yayasan Taman Margasatwa Taman Sari.

Selain itu petisi tersebut juga muncul bersamaan dengan peristiwa adanya seekor Gajah Sumatra bernama Yani yang kondisinya hampir sekarat di Kebun Binatang Bandung.

Berikut adalah isi lengkap dari petisi tersebut:

Warga Bandung dan Masyarakat Indonesia,

Salam!

Kebun binatang seharusnya mampu menjadi sarana rekreasi dan pendidikan, serta menjadi wadah yang kondusif dalam riset, penelitian, dan konservasi alam, khususnya hewan. Namun, yang menjadi masalah adalah Kebun Binatang Bandung tidak dapat memenuhi fungsi tersebut.

Kebun Binatang Bandung tidak mampu menyediakan sarana dan prasarana yang baik bagi hewan maupun bagi pengunjung. Beberapa binatang terlihat tidak terurus dan kurus, kandang-kandang kotor, berkarat, dan bolong atapnya, sampah berserakan, tidak ada sarana bagi kaum difabel, tidak ada larangan memberi makan pada hewan, sampai pada kurangnya fasilitas belajar bagi pengunjung.

Kebun Binatang Bandung harus segera diperbaiki sebagai bentuk pertanggungjawaban kita terhadap lingkungan hidup. Kita harus berani melakukan aksi nyata ketika banyak orang hanya berdiam. Perlu diingat, kondisi kelayakan Kebun Binatang Bandung bukanlah tanggung jawab satu pihak saja, melainkan merupakan tanggung jawab bersama pemerintah dan masyarakat juga.

Saatnya kita bersuara, saatnya kita melakukan perubahan terhadap Kebun Binatang Bandung agar menjadi tempat yang lebih layak. Melalui petisi ini, kita bersama-sama akan mendorong pemerintah kota dan pemilik Kebun Binatang Bandung untuk lebih memperhatikan kondisi Kebun Binatang Bandung agar segera diperbaiki. Mari bersama-sama membenahi Kebun Binatang Bandung menjadi lebih baik!

Untuk informasi lebih lanjut, temukan kami di:

Instagram: @savebandungzoo || Line: @ldn5960x || Facebook: Save Bandung Zoo || Contact Email: [email protected]

Lihat video kami di Youtube: Save Bandung Zoo

https://www.youtube.com/watch?v=WuK1g9e-Ock&feature=youtu.be

Ayo! Tunggu apalagi? Satu dukungan sangat berarti bagi perubahan!

#savebandungzoo

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement