Rabu 11 May 2016 17:42 WIB

Paceklik, Nelayan Sukabumi Melaut Hingga ke Jawa Timur

Rep: riga nurul iman/ Red: Ani Nursalikah
Sebuah kapal nelayan menerjang ombak usai melaut.
Foto: Antara/Okky Lukmansyah
Sebuah kapal nelayan menerjang ombak usai melaut.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Ratusan nelayan asal Kabupaten Sukabumi mencari ikan hingga ke perairan selatan Jawa Timur. Pasalnya, para nelayan ini mengalami musim paceklik saat mencari ikan di lautan Sukabumi.

"Ratusan nelayan Sukabumi banyak yang mencari ikan ke luar daerah khususnya Jawa Timur,’’ ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sukabumi Abdul Kodir kepada Republika.co.id, Rabu (11/5).

Daerah yang mereka tuju seperti Pacitan dan Trenggalek. Para nelayan yang beralih ke Jawa Timur, kata Kodir, berasal dari kawasan Ujunggenteng dan Palabuhanratu. Bahkan, sekitar 70 persen nelayan Ujunggenteng beralih mencari ikan ke perairan Jawa Timur.

Mereka berangkat dengan menggunakan kendaraan roda empat hingga memakai perahu. Kebanyakan nelayan tidak memiliki izin andon atau rekomendasi dari DKP Sukabumi ke provinsi. Para nelayan itu sempat dipulangkan ke Sukabumi. Namun kini sebagian besar nelayan sudah memiliki dokumen tersebut.

Kodir mengatakan untuk mendampingi nelayan petugas DKP Sukabumi juga sudah diberangkatkan ke Jawa Timur. Mereka akan memberikan rekomendasi izin andon ke wilayah yang dijadikan lokasi pencarian ikan nelayan Sukabumi. Hasil tangkapan ikan para nelayan di Jawa Timur ini tidak dibawa ke Sukabumi. Melainkan dijual di tempat pelelangan ikan yang ada di provinsi tersebut.

 

Baca: Nelayan Filipina Keluhkan Hancurnya Hidup Mereka Akibat Agresi Cina

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement