Sabtu 07 May 2016 18:57 WIB

Puncak Arus Balik Liburan di Kampung Rambutan Diprediksi Mulai Malam ini

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Bayu Hermawan
Suasana Terminal Kampung Rambutan
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Suasana Terminal Kampung Rambutan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Kepala Terminal Kampung Rambutan, Emiral August memprediksi puncak arus balik warga Ibu Kota dan sekitarnya usai berwisata akan terjadi pada Sabtu, (7/5) sore hingga Ahad (8/5) siang.

Emiral mengatakan puncak keberangkatan warga yang ingin keluar kota terjadi pada Rabu malam (5/5) hingga Kamis (6/5) pagi. Selama puncak keberangkatan itu, tercatat kenaikan penumpang mencapai 400 persen. Sedangkan mengenai puncak kedatangan warga yang menunaikan liburan, menurutnya akan terjadi mulai sore tadi.

"Puncak  balik diprediksi hari ini, tapi sore sih soalnya kalau tadi pagi sampai siang belum kelihatan ada peningkatan. Biasanya sore sampai besok siang," katanya kepada Republika.co.id, Sabtu (7/5).

Ia menyebut jumlah bus yang akan masuk ke terminal Kampung Rambutan akan mengalami peningkatan drastis di puncak kedatangan. Bahkan, menurutnya, jumlah bisa sampai puluhan ribu bus.

"Kalau puncak berangkat busnya kan kehitung yang berangkat dari sini aja, kalau puncak kedatangan itu bisa puluhan ribu. Bisa sampe 9-10 ribu yang datang soalnya kan busnya datang dari semua daerah di luar kota," ujarnya.

Guna mengantisipasi lonjakan warga yang kembali ke Jakarta, ia mengaku sudah menyiagakan lebih banyak bus angkutan malam hari (AMARI). Selain itu, ia merasa kemacetan tak akan terjadi meski puluhan ribu bus menurunkan penumpang di Terminal Kampung Rambutan.

"Kemacetan di terminal kan pas puncak keberangkatan aja, kalau puncak arus balik sih mudah-mudahan enggak bikin kemacetan karena busnya cuma lewat aja," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement