Sabtu 07 May 2016 18:47 WIB

Robot Indonesia Bisa Bersaing di Dunia

Kontes Robot Indonesia
Foto: Antara
Kontes Robot Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Intan Ahmad mengatakan robot Indonesia mampu bersaing di dunia internasional.

"Tim Robotik Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang menyabet gelar juara umum pada kontes robot internasional di Amerika Serikat dan hal itu membuktikan bahwa bangsa Indonesia mampu bersaing dengan bangsa lain tentang robot," kata Intan usai membuka acara Kontes Robot Indonesia Regional IV di Politeknik Negeri Jember (Polije), Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu.

Dalam beberapa kali kejuaraan di tingkat internasional, lanjut dia, Indonesia mampu mendapatkan tempat yang terbaik. Hal itu membuktikan  inovasi robot eksperimental yang dibuat mahasiswa Indonesia diakui negara lain di dunia.

"Itu merupakan prestasi yang luar biasa, inovatif dan kreatif yang dikembangkan oleh mahasiswa, sehingga kita mampu berkompetisi dan berinovasi dengan bangsa lain terkait robotik itu," tuturnya.

Ia mengapresiasi para peserta yang ikut dalam kegiatan Kontes Robot Indonesia Regional IV karena mahasiswa dituntut membuat inovasi dalam membuat robot yang sudah ditentukan kriterianya.

"Dari beberapa regional kontes robot Indonesia, yang paling ketat persaingannya memang di regional IV dan pemenang di regional IV akan berkompetisi di kontes robot tingkat nasional yang akan digelar pada Juli 2016 di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)," katanya.

Baca juga, Ini Robot Pengantar Pizza Pertama di Dunia.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement