Sabtu 07 May 2016 03:50 WIB

Mensos akan Sekolahkan Kembaran Y

Khofifah Indar Parawansa
Foto: Antara
Khofifah Indar Parawansa

REPUBLIKA.CO.ID, REJANG LEBONG -- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa akan menyekolahkan Yayan, saudara kembar Y, siswi SMP di Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, yang menjadi korban pemerkosaan dan pembunuhan belasan remaja di daerah itu.

"Saudara kembaran laki-laki almarhumah Y ini bernama Yayan, akan kita bawa ke Malang untuk masuk Pondok Pesantren sesuai dengan cita-cita ibu dan bapaknya," kata Mensos Khofifah saat berkunjung ke rumah orang tua Y di Dusun V Desa Kasie Kasubun, Kecamatan Padang Ulak Tanding, Jumat (6/5).

Yayan yang merupakan saudara kembar laki-laki dari almarhumah Y akan masuk Pondok Pesantren di Malang, Jawa Timur, setelah selesainya 40 hari meninggalnya saudari perempuannya itu. Di rumah duka ini, Mensos Khofifah selain memberikan semangat kepada Yakin (32) dan Yana (30) yang tercatat sebagai ayah dan ibu almarhumah juga melakukan ziarah ke makam Y. Selain itu Mensos memberikan sumbangan materil guna membantu biaya persedekahan.

Mensos mengatakan, kasus tragis yang dialami Y, saudara kembar Yayan kelahiran 18 Maret 2002 itu hendaknya dijadikan pelajaran bagi seluruh Bangsa Indonesia bahwa kasus kekerasaan seksual terhadap anak-anak masih terjadi. Untuk itu, dia berharap kedepannya seluruh lapisan masyarakat untuk memaksimalkan perlindungan terhadap anak sehingga tidak ada kejadian serupa yang akan terulang.

Sementara itu, untuk meminimalkan kasus kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak, pemerintah pusat sedang mengajukan Perpu Kebiri dan pemberatan hukuman kepada para pelaku kejahatan seksual. Saat ini sudah disiapkan dua draf yang tinggal ditandatangani oleh dua kementerian di bawah Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement