Jumat 06 May 2016 17:24 WIB

Hotel di Cirebon Penuh Dipesan di Libur Panjang Akhir Pekan Mei

Red: Nur Aini
Salah satu sudut kota Cirebon (Ilustrasi).
Foto: akumassa.org
Salah satu sudut kota Cirebon (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,CIREBON -- Sejumlah hotel yang berada di Cirebon, Jawa Barat, semua kamarnya penuh pada libur panjang akhir pekan, terutama pada hari Jumat dan Sabtu, seluruh kamar yang dimiliki ludes terpesan.

"Untuk hari Jumat dan Sabtu semua hotel yang berada di Cirebon sudah habis kamarnya," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Cirebon Imam Reza Hakiki di Cirebon, Jumat (6/5).

Menurutnya ada sekitar 50 hotel yang berdiri di Kota Cirebon dan pada libur akhir pekan ini, semua kamarnya habis. Dia menuturkan  ada 2.000 kamar hotel yang tersedia di Kota Cirebon, namun setelah adanya Tol Cipali dan Cirebon menjadi salah satu tujuan wisata baru, membuat jumlah tersebut tidak sebanding dengan wisatawan yang datang.

Informasi yang didapatkan dari sejumlah hotel, jumlah kamar selalu kurang jika menghadapi libur panjang.

"Kami saling berkomunikasi dan jika ada hotel kehabisan kamar, maka akan berkomunikasi dengan hotel lainnya dan tadi malam habis semua," ujarnya.

Dia menambahkan untuk jumlah hunian pada saat libur memang selalu 100 persen, akan tetapi jika hari biasa, tingkat hunian sangat rendah dan kurang. Ia berharap pemerintah bisa menggali potensi wisata Cirebon dan bisa ditingkatkan kembali untuk daya tarik wisatawan.

Menurutnya, wisatawan di Cirebon itu paling lama hanya dua hari saja. "Kebanyakan mereka datang ke Cirebon untuk wisata kuliner, sehingga mereka hanya menghabiskan waktu sehari atau dua hari saja," ujarnya.

Baca juga: Hotel di Kawasan Wisata Batu Malang Terisi 90 Persen

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement