Rabu 04 May 2016 09:47 WIB

Malam Ini, Perkiraan Arus Padat Lalu Lintas

Rep: c30/ Red: Andi Nur Aminah
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di ruas tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta di sekitar Cikunir, Rabu (24/2). (Republika/Edwin Dwi Putranto)
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di ruas tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta di sekitar Cikunir, Rabu (24/2). (Republika/Edwin Dwi Putranto)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Korlantas Mabes Polri Agung Budimaryoto menyatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan, Jasa Marga, dan pihak terkait. Koordinasi tersebut sebagai upaya mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di libur panjang awal Mei.

"Kami menambahkan sejumlah personel di sejumlah titik yang diperkirakan akan terjadi kemacetan, penambahan jumlah personel bukan dari kami saja tapi dari Jasa Marga dan pihak terkait lainnya juga ditambahkan," ujar Agung di Jalan MT Haryono, Jakarta Timur, Rabu (4/5).

Dengan penambahan jumlah personel, dia berharap kepadatan saat libur panjang dapat diantisipasi. Dia memprediksi arus padat akan terjadi Rabu (4/5) malam ini.  Dengan penambahan personel, diharapkan setidaknya kepadatan tersebut tidak sampai membuat kendaraan berhenti total.

Menurut Agung, berdasarkan pengalaman libur panjang sebelumnya perkiraan titik kemacetan terjadi di Tol Cikunir. Alasannya karena di tol tersebut terdapat tiga pertemuan jalan dari Cikunir, Cakung, dan tol dalam kota.  "Kawasan itu menjadi atensi pengamanan. Aspek jumlah kuantitas dan kualitas personil kita akan ditambah di situ," ujar dia.

Titik kemacetan selanjutnya diprediksi akan terjadi di kilometer 29 Tol Cikarang Utama. Kemudian aagak bergeser sedikit di kilometer 37 karena akan terjadi penyempitan jalan. "Dari awalnya empat lajur menjadi tiga lajur, pasti di situ akan padat," ungkapnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement