Selasa 03 May 2016 17:53 WIB

Tiga Lokasi Ini Jadi Fokus Penjagaan Saat Libur Panjang

Rep: c21/ Red: Ani Nursalikah
Libur panjang atau musim liburan mengakibatkan jalur perjalanan menuju Puncak, Bogor, tersendat. (ilustrasi)
Foto: Republika/Yasin Habibi
Libur panjang atau musim liburan mengakibatkan jalur perjalanan menuju Puncak, Bogor, tersendat. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kasubdit Bin Gakkum Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan ada tiga tempat penting yang akan dijaga saat libur panjang akhir pekan pada 5-8 April 2016. Tiga tempat tersebut adalah daerah wisata, arus mudik, dan rumah ibadah.

"Sekitar 2.000 personel dikerahkan untuk lalu lintas, belum dengan yang lain. Karena biasanya ada Sabhara, Satpol PP dan lain-lain," kata dia, Selasa (3/4).

Budiyanto menuturkan jumlah aparat yang berjaga selama libur panjang tentunya lebih banyak dari itu. "Kita khusus lalu lintasnya saja, karena ada Sabhara dan polisi berpakaian preman," kata dia.

Bersamaan dengan libur panjang akan diwarnai kegiatan keagamaan di masjid dan gereja. Sedangkan terkait libur akan ada arus balik dan kegiatan pada tempat-tempat rekreasi.

Dia menjelaskan pengaturan lalu lintas dan angkutan jalan pada tempat rekreasi dan rumah ibadah akan disesuaikan dengan situasi serta kondisi lapangan (rekayasa situasional .

"Penempatan petugas akan intens mulai 4 Mei 2016 siang hari untuk pemantauan dan melakukan kegiatan penjagaan, pengaturan dan lain-lain," kata Budiyanto.

Untuk mengurangi volume kepadatan, mulai 5 dan 6 Mei 2016 akan diberlakukan pengendalian kendaraan angkutan berat, seperti truk atau trailer dan angkutan berat lainnya, sesuai surat edaran dari Dirjen Perhubungan Darat.

Baca: 2.000 Pengungsi Rohingya Jadi Korban Kebakaran Kamp

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement