Senin 02 May 2016 16:39 WIB

Patimban Jadi Pengganti Pelabuhan Cilamaya?

Pembangunan dermaga pelabuha Patimban
Pembangunan dermaga pelabuha Patimban

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pemerintah membahas rencana pembangunan Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, Jawa Barat sebagai lokasi pengganti pelabuhan Cilamaya, Kabupaten Karawang yang batal dibangun karena dikhawatirkan mengganggu aktivitas pengeboran minyak lepas pantai dan pipa milik PT Pertamina (Persero).

Presiden Joko Widodo beserta sejumlah menteri antara lain Menko Kemaritiman Rizal Ramli, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya memulai rapat sekitar pukul 15:45 WIB.

Pelabuhan itu akan terintegrasi dengan kawasan industri yang berlokasi di daerah Cikarang, Karawang, Cikampek hingga Purwakarta.

Pembangunan pelabuhan peti kemas di wilayah Jawa Barat bagian utara dimaksudkan untuk membantu meringankan kegiatan ekspor impor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Sebelumnya, pemerintah telah membatalkan pembangunan pelabuhan di wilayah Cilamaya, Kabupaten Karawang pada awal April 2015 karena dikhawatirkan mengganggu lalu lintas kapal tanker dari sejumlah anjungan minyak lepas pantai yang berlokasi di Karawang.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement