Senin 02 May 2016 11:43 WIB

Menaker Lega Hari Buruh Berlangsung Tertib

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Esthi Maharani
Hanif Dhakiri
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Hanif Dhakiri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri bersyukur  perayaan Hari Buruh 2016 berlangsung tertib, lancar, damai, kondusif dan  penuh kreativitas. Ia menilai hal tersebut merupakan kemajuan gerakan buruh yang makin variatif dan kreatif dalam perayaan May Day yang sekaligus mencerminkan cara pandang gerakan lebih matang.

"Sebagian buruh masih merayakannya dengan turun ke jalan untuk sampaikan aspirasi, namun patut diapresiasi juga semuanya berlangsung lancar, tertib dan damai," kata Hanif dalam keterangan persnya, Senin (1/5).

Pemerintah memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang berperan dalam memastikan perayaan May Day yang positif dan kondusif. Secara khusus, Hanif menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tinggnya kepada para pimpinan serikat pekerja atau serikat buruh di pusat dan daerah beserta seluruh anggotanya.

Menurutnya, mereka telah menunjukkan ke  publik bahwa gerakan buruh adalah gerakan yang penuh rasionalitas dan kedewasaan sehingga May Day menjadi tidak menakutkan bagi publik pada umumnya.

"Di tahun-tahun mendatang kita berharap perayaan May Day bisa terus diisi dengan kegiatan positif, produktif dan  penuh kegembiraan," ujarnya.

Pemerintah telah mendengar, menghargai dan menyambut baik semua tuntutan yang disampaikan buruh. Pemerintah memahami bahwa regulasi yang ada belum memenuhi seluruh keinginan buruh. Namun Hanif mengatakan inilah yang terbaik yang dapat diputuskan saat ini guna menjawab tantangan dinamika hubungan industrial yang sarat akan perbedaan, atau bahkan pertentangan kepentingan diantara pihak-pihak di dalamnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement