Kamis 28 Apr 2016 07:02 WIB

Kupang Kucurkan Rp 10 Miliar Tata Lampu Jalan

Lampu jalan, ilustrasi
Lampu jalan, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Pemerintah Kota Kupang menyediakan anggaran Rp 10 miliar dalam APBD 2016 untuk penataan, penggantian, dan pemasangan sejumlah lampu jalan di seluruh titik wilayah Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur itu.

"Anggaran yang ada itu saat ini sedang dimanfaatkan untuk pelaksanaan penataan, penggantian, dan pemasangan di 51 kelurahan yang ada di enam kecamatan," kata Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Kupang Jhony Bire, Kamis (28/4).

Ia mengatakan penataan, penggantian, dan pemasangan titik mata lampu baru di seluruh wilayah itu sebagai bagian dari upaya Pemerintah Kota Kupang untuk memberikan kenyamanan bagi warga di daerah itu. Dengan terang di seluruh wilayah, kata dia, akan sangat mendukung kondisi keamanan dan ketertiban warga di wilayah itu pada malam hari.

"Dengan kondisi terang, dijamin akan memberikan rasa nyaman dan memperkecil kemungkinan terjadinya kriminalitas," katanya.

Secara teknis, kata dia, tidak semua lampu akan diganti dan ditata. Ada yang harus dipasang baru sebagai titik pancang lampu jalan baru karena masih dalam kondisi gelap. Pada 2015, Pemerintah Kota Kupang telah memasang 188 unit titik lampu jalan baru di seluruh wilayah itu. Meski demikian, kondisi itu masih belum bisa memberikan terang yang cukup bagi seluruh wilayah. Masih ada sejumlah daerah yang gelap.

"Khususnya di sejumlah kelurahan yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Kupang. Masih banyak titik yang butuh tambahan penerangan jalan," kata Jhony.

Untuk itulah, pada 2016, Pemerintah Kota Kupang memberikan perhatian khusus dengan mengalokasikan anggaran relatif cukup besar untuk penggantian dan pemasangan baru. Ia menjelaskan pemanfaatan anggaran Rp10 miliar pada tahun anggaran 2016 untuk kepentingan pemasangan titik lampu sebanyak 120 titik lokasi yang memanfaatkan lampu LED baru.

Selanjutnya, untuk penggantian dan penataan, akan ada penggantian jenis mata lampu merkuri 300 watt milik PLN dengan lampu LED 80 watt yang lebih hemat listrik. Penggantian ini dilakukan di 51 kelurahan dengan jumlah 2.839 titik mata lampu jalan. "Ini juga akan termasuk pencarian dan pemasangan titik baru lampu jalan kelurahan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement