Rabu 27 Apr 2016 13:58 WIB

Bupati Pangandaran Giatkan Promosi Wisata Pantai

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan Wakil Bupati Pangandaran Adang Hadari
Foto: Republika/Edi Yusuf
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan Wakil Bupati Pangandaran Adang Hadari

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN -- Pantai Pangandaran sampai saat ini masih merupakan primadona di Jawa Barat. Pantai ini memang sudah sangat terkenal sejak lama.  Meski kini banyak bermunculan destinasi-destinasi baru, pantai Pangandaran tetap menjadi pilihan nomor satu bagi para pecinta pantai.

Dibanding destinasi pantai lain, Pangandaran relatif lebih mudah dijangkau karena letaknya yang dekat dengan pusat kota.  Begitu pun dengan kondisi jalan yang bisa dikatakan tidak ada masalah. Kecuali kemacetan panjang yang biasa terjadi di musim-musim liburan.  

Untuk mencapai Pantai Pangandaran tidak sulit karena petunjuk arah di sepanjang jalan sudah tersedia. Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata mengatakan, sudah sejak lama Pangandaran menjadi destinasi wisata.  Banyak tersedia penginapan dan hotel dengan berbagai tipe sesuai selera konsumennya.

Informasi-informasi tentang penginapan dan hotel di Pangandaran juga dengan mudah akan anda dapatkan di media masa maupun internet. Anda bisa melakukan //booking online// atau pun langsung memesannya di lokasi.

Destinasi selanjutnya, yakni Pantai Pananjung Pangandaran. Pantai  berpasir putih yang terletak di arah barat ini memiliki kontur yang landai serta jarak antara pasang dan surut relatif sama sehingga memungkinkan orang berenang dengan aman.  Pantai Pananjung Pangandaran adalah obyek wisata keluarga yang komplit. Di sini kita bisa bermain di pantai sepuasnya, berenang, bermain bola, bermain pasir, berjemur, bersepeda atau sekedar berjalan-jalan. Tim penyelamat pantainya juga lengkap dan terlatih.  Meski tentu saja tetap harus berhati-hati.

Pantai ini juga memiliki variasi destinasi yang lengkap.  Dari pantai pasir putih, taman laut, mata air Cirengganis yang konon bisa membuat orang awet muda, cagar alam dengan flora dan fauna yang langka serta goa alam dan goa-goa jepang. Banyak pilihan obyek yang membuat anda tidak akan pernah bosan  untuk berkunjung.

Cagar Alam Pangandaran terletak di semenanjuk dan menjadi Batas Pantai Timur Pangandaran dan Pantai Barat Pangandaran. Di lokasi ini, terdapat berbagai macam flora dan fauna yang di lindungi, seperti: monyet, lutung, landak, kijang, kelelawar dan lainnya. Berbagai Flora dan fauna yang hidup disini amat di jaga kelestariannya, masyarakat atau pengunjung tidak diperkenankan untuk mengambil atau menebang satu batang pohonpun.

Kawasan ini sangat cocok untuk anda pecinta wisata edukatif.  Dengan berjalan-jalan di kawasan ini, selain menambah ilmu pengetahuan juga sekalian berolah raga ada beberapa destinasi lagi seperti Goa Lanang terletak  didalam kawasan cagar alam pananjung Pangandaran. Tepatnya pada koordinat 7°42,442'S 108°39,508'E.  

Menurut legenda, goa ini merupakan keraton Kerajaan Pananjung.  Rajanya bernama Prabu Anggalarang dan permaisurinya Dewi Siti Samboja yang dikenal dengan nama Dewi Rengganis. Beliau juga dibantu oleh seorang Patih bernama Aria Kidang Pananjung.

Raden Anggalarang adalah putra Prabu Haur Kuning seorang raja kerajaan Galuh Pangauban yang berpusat di Putrapinggang. Ia  mendirikan kerajaan Pananjung atas kemauannya sendiri, meskipun sang ayah telah memperingatkan dengan alasan rawan gangguan dari para perompak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement