Kamis 21 Apr 2016 17:43 WIB

Kompetensi Tenaga Akuntan Masih Perlu Ditingkatkan

Red: M Akbar
Akuntan. Ilustrasi
Foto: Reuters
Akuntan. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Ketua Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI KAPd) Jawa Timur, Prof Dr Dian Agustia, mengatakan saat ini masih diperlukan peningkatan kompetensi tenaga ahli akuntan. Ia juga mendorong supaya kuantitas maupun kualitas penelitian terkait bidang akuntan bisa lebih baik lagi di masa mendatang.

Pernyataan tersebut disampaikan Dian pada acara Konferensi Regional Akuntansi (KRA) III di Universitas Jember, Jawa Timur. ''Pertemuan ini diharapkan bisa membantu para peneliti mendapatkan masukan penelitian yang lebih berkualitas, sekaligus membuka kesempatan bagi para peserta untuk mengikuti perkembangan keilmuan terkini,'' kata Dian.

Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Airlangga ini mengaku cukup puas dengan banyaknya artikel penelitian yang telah dikirimkan kepada panitia KRA III. Ia mengungkapkan pihak panitia telah menerima paper hingga 363 artikel. Dari jumlah tersebut pihak panitia memilih 172 artikel.

''Saya bahagia dengan adanya antusiasme penulisan paper penelitian akuntansi ini. Bagi pengurus IAI KAPd Jatim, ini hal positif karena memperlihatkan adanya peningkatan antusiasme penelitian dalam disiplin ilmu akuntansi,'' ujarnya.

Dia mengatakan seluruh paper yang dikirimkan kepada panitia nantinnya akan dimuat di jurnal nasional yang menjadi anggota Aliansi Jurnal Sejati Jawa Timur. Untuk beberapa artikel terbaik, kata dia, akan memperoleh kesempatan dimuat di jurnal akuntansi terakreditasi.

''Melalui KRA III ini juga, semoga bisa memberikan dampak positif untuk menjalin silaturahim antarakuntan dan terus menjaga kedinamisan dalam perkembangan keilmuan,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement