Rabu 20 Apr 2016 18:35 WIB

Toko Online Didominasi Orang Muda

Mahasiswa program studi Teknik Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta aktif mengikuti seminar e-commerce di Jakarta, Rabu (20/4).
Foto: Dok BSI
Mahasiswa program studi Teknik Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta aktif mengikuti seminar e-commerce di Jakarta, Rabu (20/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring berkembangnya teknologi informasi di dunia terutama dalam bidang penjualan atau seller, saat ini banyak berkembang penjual penjual online yang menjual barang atau jasanya via website. Baik dilakukan dengan membuat website sendiri ataupun memanfaatkan jasa website yang sudah ada.

 

Semua aktivitas penjualan yang dilakukan secara online ini dikenal dengan nama e-commerce. Kelebihan berjulan melalui e-commerce adalah penjual dan pembelian dapat dilakukan selama 24 jam dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

Melihat fenomena ini,  mengadakan seminar e-commerce dengan tema “Menciptakan Peluang Bisnis Dengan Memanfatkan Teknologi Informasi (Android)”. Seminar yang diadakan Rabu  (20/4) itu diikuti oleh mahasiswa program studi Teknik Informatika STMIK Nusa Mandiri.

 

Nara sumber seminar tersebut adalah Roni Irawan. Ia merupakan Team Leader, Seller Acquisition and Activation Sales Division www.Elevenia.co.id.

 

Roni menjelaskan bahwa saat ini toko online didominasi oleh orang orang muda berusia 21 sampai  34 tahun yang menguasai market online sebesar 47 persen dan 28 persen dilakukan oleh orang berusia 35 sampai dengan  49 tahun.  Dari 100 persen pelaku bisnis online, 35 persen dilakukan melalui desktop dan 65 persen dilakukan melalui mobile.

 

Jadi, kata Roni,  walaupun saat ini hanya baru 10 persen penguasaan bisnis online namun 10 tahun ke depan diprediksi akan terus mengalami peningkatan.

“Kecenderungan transaksi online dilakukan oleh user disebabkan kemudahan waktu, harga yang lebih murah, lebih banyak macamnya, tidak ramai atau berdesakan dan pajak yang murah,” ujar Roni.

Bagaimana dengan penjual? “Penjual lebih senang berjualan online karena bahwa dengan berjualan online maka pembeli akan bertambah banyak seiring dengan banyaknya orang yang melakukan aktivitas internet. Dengan menjual online maka orang akan dengan mudah membaca harga yang mereka tawarkan,” papar Roni.

Roni menjelaskan, elevenia.co.id adalah sebuah bisnis marketplace yang memasilitasi para penjual untuk berjualan online tanpa dipungut biaya pendaftaran. Menurutnya, dari pengalaman penjual sebelumnya banyak yang mendapatkan untung yang besar setelah para penjual bergabung bersama elevenia.co.id.

Ketua Program Studi Teknik Informatika STMIK Nusa Mandiri  Hendra Supendar mengemukakan, dengan mengikuti seminar ini mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan teknologi untuk membangun bisnis online mereka.

“Karena STMIK Nusa Mandiri tidak hanya menciptakan tenaga profesional saja, tetapi juga menciptakan para technopreneur yang perkembangannya saat ini sangat menjanjikan,” tutur Hendra Supendar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement