Rabu 20 Apr 2016 16:03 WIB

Wali Kota Bekasi Harapkan Rute Baru Transjakarta Urai Kemacetan

Rep: C38/ Red: Achmad Syalaby
Bus Transjakarta baru saat peluncuran di Jakarta, Senin (18/4).  (Republika / Yasin Habibi )
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Bus Transjakarta baru saat peluncuran di Jakarta, Senin (18/4). (Republika / Yasin Habibi )

REPUBLIKA.CO.ID,BEKASI -- Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menanggapi positif rencana perpanjangan rute armada bus Trans Jakarta hingga ke beberapa kota penyangga ibukota, seperti Kota Bekasi. Armada bus Trans Jakarta direncanakan bakal mencapai Depok, Tangerang, dan Bekasi mulai pekan depan. 

Wali Kota Bekasi menilai rencana perpanjangan trayek Trans Jakarta masuk ke Bekasi dari aspek transportasi sangat memungkinkan. "Masalah transportasi harus ada sinergitas antar pemerintah daerah. Untuk mengurai kemacetan, Kota Bekasi masuk dalam sistem Trans Jabodetabek," kata Rahmat Effendi kepada Republika.co.id, Rabu (20/4).

Rahmat menambahkan, masuknya armada bus Trans Jakarta dapat memberi alternatif layanan transportasi umum bagi warga Bekasi yang bekerja di Jakarta. Sebagai salah satu daerah penyangga ibukota, setiap harinya ada ribuan orang yang melakukan perjalanan pulang pergi Jakarta - Bekasi. Total kepadatan lalu lintas Bekasi - Jakarta dia sebut mencapai 430 ribu perjalanan per hari.

Ia menyampaikan, sejak beberapa waktu lalu, sudah ada kerja sama antara Pemkot Bekasi dengan Pemprov DKI terkait dengan APTB dan Trans Jakarta dengan operator PT Mayasari Bhakti dan PPD. Rute terintegrasi Trans Jakarta yang saat ini sudah berjalan ialah Pulo Gadung - Harapan Indah Kota Bekasi. Rahmat berharap program ini dapat mengurai kepadatan lalu lintas Bekasi - Jakarta yang terus meningkat.

(Baca: Bekasi Belum Terima Informasi Rute Baru Busway).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement