Selasa 19 Apr 2016 14:48 WIB

Sejumlah Jalan di Kota Bogor Rawan Pohon Tumbang

Rep: C32/ Red: Ilham
Pohon yang tumbang menimpa jalan (ilustrasi)
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Pohon yang tumbang menimpa jalan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor mengungkapkan, ada beberapa lokasi yang berpotensi terjadi pohon tumbang di kota hujan.

“Ada beberapa lokasi di ruas jalan yang sudah kami identifikasi rawan pohon tumbang,” kata Kepala Seksi Pemeliharaan Taman DKP Kota Bogor Erwin Gunawan kepada Republika.co.id, Selasa (19/4).

Dia menjelaskan, lokasi rawan pohon tumbang terdapat di ruas Jalan Semeru, Jalan Ahmad Yani, Pemuda, Dadali, Lawang Gintung, Pajajaran, dan Jalan Tentara Pelajar. Meskipun sudah diidentifikasi, Erwin menyatakan tidak bisa memonitor puluhan ribu pohon di Kota Bogor secara keseluruhan.

 

“Kendalanya cukup sulit untuk memeriksa bagian akar. Ada pohon yang dari luar terlihat baik-baik saja, namun akarnya bermasalah, begitupun sebaliknya,” kata Erwin.

Pada Ahad kemari, pohon besar di daerah Jalan Dewi Sartika, Bogor sempat mengalami kemiringan sekitar 45 derajat akibat hujan deras dan angin kencang.

Menurutnya, kondisi pohon di Kota Bogor umurnya banyak yang sudah puluhan tahun. Sehingga saat cuaca ekstrim angin kencang dan hujan lebat sangat berpotensi terjadi pohon tumbang.

 

Untuk mengantisipasinya, DKP Kota Bogor selalu mensosialisasikan kepad awarga untuk berhati-hati melintasi jalan yang sudah dipetakan. “Pengendara motor jangan berlindung di bawah pohon. Kita mengantisipasi bisa memberikan asuransi bagi korban bencana pohon tumbang baik untuk materil atau nonmaterial,” jelas Erwin. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement