Senin 18 Apr 2016 14:56 WIB

Mufidah Kalla Minta Perempuan Ikut Gali Budaya Bangsa

Ibu Negara Ny. Iriana Joko Widodo (kanan) dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla (kiri).
Foto: Antara/Widodo S. Jusuf
Ibu Negara Ny. Iriana Joko Widodo (kanan) dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Istri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Mufidah Jusuf Kalla meminta kaum perempuan turut menggali budaya khas Indonesia. Budaya bangsa, kata dia, juga terkait busana dan kuliner nusantara.

"Wanita Indonesia harus mengasah kreativitas bahan dasar lokal untuk meningkatkan rasa cinta produk nasional," kata Mufidah di Jakarta, Senin (18/4).

Mufidah menuturkan hal itu saat mengisi Acara Lomba Kuliner Daerah dan Desain Busana Nusantara dalam rangka Hari Kartini yang diadakan Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (Ikawati Kementerian ATR/BPN) RI. Terkait Hari Kartini, Mufidah meminta dijadikan momen ajang belajar hal baru dalam melestarikan budaya termasuk busana maupun kuliner khas nusantara.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional itu mengharapkan kaum perempuan Indonesia menjadi ibu yang kreatif, mandiri dan berjiwa nasionalis untuk mengisi pembangunan bangsa. Sementara itu, Ketua Ikawati Kementerian ATR/BPN RI Hanifah Mursyidan Baldan menyebutkan lomba busana dan kuliner nusantara itu diikuti 34 provinsi di seluruh Indonesia.

"Kegiatan ini untuk mengangkat budaya dan kearifan lokal pada bidang busana dan masakan berasal dari seluruh Indonesia," tutur Hanifah. Hanifah menekankan semangat Kartini harus menjadi motivasi dan pelengkap dalam mengeluarkan ide terhadap produk nasional.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement