Sabtu 16 Apr 2016 00:44 WIB

DIY Paling Banyak Miliki Puskesmas Terakreditasi

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Irfan Fitrat
 Salah satu layanan di Puskesmas (ilustrasi).
Foto: Antara/Anang Budiono
Salah satu layanan di Puskesmas (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Di Indonesia saat ini baru tercatat sekitar seratus pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang sudah terakreditasi. Dari jumlah tersebut, paling banyak atau 30 puskesmas berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan DIY Sulistyo, sekarang ini juga sudah ada 16 puskesmas lain di wilayah DIY yang telah menjalani penilaian untuk mendapatkan akreditasi. Rencananya hasil penilaian tersebut diumumkan Juli mendatang. “Kami berharap semuanya lulus karena waktu 30 puskesmas dilakukan akreditasi, lulus semua,’’ kata Sulistyo di Kepatihan Yogyakarta, Jumat (15/4).

Sulistyo menjelaskan, puskesmas terakreditasi ini berarti dinilai mempunyai pelayanan kesehatan yang sudah baik. Menurut dia, puskesmas di DIY sudah banyak yang memenuhi persyaratan. Seperti mempunyai manajemen yang baik dengan didukung peralatan yang memenuhi standar pelayanan kesehatan. Selain itu, kata dia, sudah ada juga dokter yang praktik di puskesmas.

Tahun ini, menurut Sulistyo, rencananya akan ada 36 puskesmas lagi di wilayah DIY yang diajukan untuk mendapatkan akreditasi. ‘’Kalau semuanya lolos dari akreditasi, berarti ada 82 puskesmas di DIY yang sudah terakreditasi,’’ kata pejabat yang juga asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat DIY itu.

Sementara itu, terkait dengan pengembangan rumah sakit di daerah pinggiran di DIY, ada dua Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang menjadi sasaran. Yakni, RSUD Sleman dan RSUD Kabupaten Kulonprogo. Di samping itu, juga akan dilakukan pengembangan RSUD di kawasan perbatasan, seperti di Kabupaten Gunungkidul yang dekat dengan wilayah Pacitan, Jawa Timur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement